Meski terdengar sepele, tidur ternyata memiliki peran yang sangat penting, terutama bagi kesehatan tubuh kita. Ada yang bilang bahwa tidur adalah tindakan yang malas, padahal tidur adalah cara alami tubuh untuk melakukan regenerasi. Tubuh akan lebih sehat, fresh dan melakukan perbaikan dari dalam saat Anda tidur.

Namun memasuki zaman yang serba sibuk seperti sekarang ini, tidur nyenyak menjadi hal yang sulit dilakukan. Salah satu penyebabnya adalah adanya ponsel di dekat Anda ketika Anda tidur. Jika Anda memiliki masalah pada tidur Anda, berikut ada beberapa tips agar Anda bisa tidur dengan nyenyak, dilansir dari Huffingtonpost, Kamis (3/7/2014).

1. Jauhkan Ponsel Anda

Ponsel adalah salah satu penyebab utama Anda sulit tidur. Saat sudah berbaring, Anda masih ingin membaca timeline Twitter, masih ingin browsing, masih melihat-lihat toko online, dan pada akhirnya Anda akan tidur larut malam, bahkan tidak bisa tidur. Agar bisa tidur dengan nyenyak, maka jauhkan ponsel Anda dari jangkauan tangan. Semakin cepat Anda menjauhkan diri Anda dengan ponsel Anda, maka semakin cepat Anda bisa tidur.

2. Minum Secangkir Susu Hangat Sebelum Tidur

Mengkonsumsi minuman hangat sebelum tidur dapat membuat tubuh lebih rileks dan memudahkan tidur lebih cepat.  Anda bisa coba membuat susu hangat, teh hangat atau lemon tea hangat. Minumlah sekitar 30 menit sebelum Anda memutuskan untuk tidur. Akan lebih baik jika dalam waktu ini, Anda tidak mengonsumsi makanan berat, agar tidur Anda lebih nyenyak dan terhindar dari masalah pencernaan.

3. Jangan Bekerja di Kamar

Kamar sebenarnya bukan tempat untuk bekerja dan hanya ideal sebagai tempat untuk tidur. Makin banyak tugas yang Anda bawa di atas tempat tidur, makin penuh pikiran Anda saat akan tidur. Untuk menyelesaikan tugas Anda, sebaiknya Anda menggunakan ruangan lain yang lebih cocok untuk bekerja.

4. Hindari Peralatan Elektronik di Kamar

Semakin banyak peralatan elektronik yang ada di kamar Anda, maka semakin sulit Anda untuk tidur. Saat akan memejamkan mata, Anda tergoda untuk menonton TV. Kalaupun Anda tertidur, suara TV bisa membuat tidur tidak tenang. Jadi sebaiknya, kamar Anda harus minim peralatan elektronik. (tom)