Musim liburan sudah tiba, wisatawan pun berburu tiket pesawat untuk terbang ke berbagai destinasi. Tapi tahukah Anda, baru-baru ini ada survei di New York yang membuktikan kalau tiket pesawat ternyata lebih murah di hari Selasa.

Musim liburan akhirnya tiba juga. Pada saat musim seperti ini, banyak seseorang yang kerap mengajak keluarga maupun rekannya untuk berlibur ke suatu tempat.

Di antara transportasi masal yang tersedia, kebanyakan orang memilih pesawat terbang sebagai alat transportasi efektif untuk menuju ke destinasi yang diinginkan.

Namun, tak jarang mereka merogoh kocek mahal demi membiayai akomodasi perjalanan bagi seluruh penumpang yang ikut. Kini, hal itu tak perlu Anda lakukan lagi. Pasalnya, sebuah survei mengatakan, Anda bisa menghemat biaya akomodasi dengan membeli tiket pesawat pada hari selasa.

Adapun survei tersebut dilakukan oleh situs cheapair.com dari New York AS. Dikutip CNN Money, Kamis (3/7/2014) situs cheapair.com mencari harga pencarian tiket pesawat murah khusus di musim liburan atau musim panas tahun ini.

Alhasil, wisatawan yang terbang di hari Selasa rata-rata akan membayar USD 77 atau sekitar Rp 914 ribu. Dengan kata lain, angka itu jauh 17 % lebih murah dari harga pada hari Minggu.

Kemudian, situs cheapair.com membandingkan 900 ribu penerbangan PP (pergi-pulang) antara bulan Juni sampai September. Hasilnya, terbukti penerbangan hari Selasa harga tiketnya lebih murah, dibandingkan harga tiket pada hari lainnya.

Tarif rata-rata tiket pesawat di hari Selasa sebesar USD 367 atau sekitar Rp 4,36 juta. Sedangkan, hari Minggu adalah harga termahal yakni USD 444 atau sekitar Rp 5,4 juta.

Sementara, hari Jumat, tiket pesawat berada di harga USD 412 atau sekitar Rp 4,8 juta. Di hari Sabtu, harga itu berkisar USD 402 atau sekitar Rp 4,7 juta. Hari Rabu justru tergolong murah karena harganya tak jauh dari hari Selasa, yaitu USD 368 atau sekitar Rp 4,37 juta.

Jika diteliti dengan seksama, musim liburan atau musim panas di luar negeri adalah masa-masa high season. Oleh sebab itu, harga tiket pesawat pun melambung tinggi terlebih di akhir pekan.

Situs cheapair.com juga menyatakan hasil survei lainnya, yakni pemesanan tiket pesawat 54 hari sebelum keberangkatan akan mendapat harga yang jauh lebih murah. (nha)