Selain menyimpan banyak sejarah, provinsi Aceh juga menyimpan banyak variasi kuliner yang tentunya bisa menggugah selera Anda. Kuliner Aceh adalah perpaduan antara citarasa Belanda, Cina, Spanyol, Siam, India dan Arab. Tapi citarasa kuliner asal India dan Arab sangat dominan dengan pemakaian rempah-rempah dan bumbu yang melimpah. Berikut adalah beberapa kuliner Aceh yang bisa dicoba, dilansir dari Yukpegi, Jumat (4/7/2014).

1. Ayam Tangkap dengan Bumbu Kecap

Ayam tangkap bumbu kecap
Ayam tangkap bumbu kecap

Makanan bernama unik ini berupa ayam goreng yang diolah bersama bumbu dan rempah, seperti cabai hijau, bawang putih, bawah merah dan daun temurui. Untuk menggugah selera, ayam tangkap disajikan bersama nasi hangat dan bumbu kecap.

2. Mie Aceh

Mie Aceh
Mie Aceh

Mie ini diolah dengan beragam rempah khas yang aromanya sangat sedap. Umumnya mie ini diisi dengan berbagai macam bahan-bahan makanan laut atau seafood, seperti udang, cumi-cumi, dan kepiting. Makanan ini juga terkadang ditambah dengan jamur untuk menambah rasa.

3. Gulau Pliek U

Gulai Pliek U
Gulai Pliek U

Pliek U merupakan fermentasi dari kelapa yang kemudian dipadukan dengan beragam sayuran segar yang diolah dengan bumbu khas. Sepintas, makanan ini mirip seperti gulai yang biasa disajikan.

4. Sie Reboh Puteh

Sie Reboh
Sie Reboh

Makanan ini adalah makanan berupa daging sapi yang diolah bersama bumbu khas dan santan. Tekstur daging pada kuliner ini sangat empuk dan manis, sehingga digemari orang dewasa dan anak-anak yang tidak gemar makanan asin dan pedas.

5. Roti Canai

Roti Canai
Roti Canai

Bahan dasar dari roti ini adalah tepung terigu yang telah dibuat bulat dipadukan dengan mentega. Roti ini memiliki berbagai macam rasa, seperti cokelat, kari kambing, kari ayam, durian atau rasa original dengan tambahan gula pasir saja. (tom)