Berpelukan memiliki efek yang sangat baik bagi kesehatan fisik maupun psikologis seseorang. Dengan berpelukan, seseorang akan merasa diperhatikan dan dihargai. Pelukan dengan saudara atau keluarga akan membuat diri Anda merasa nyaman ketika sedang menghadapi kesulitan dalam hidup.

Dikuti dariĀ intisari-online.com (Minggu, 6/7/2014), ada lima alsan mengapa setiap manusia butuh berpelukan setiap hari.

1. Meningkatkan Rasa Aman

Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa setiap sentuhan dari pelukan memberikan efek rasa aman dan nyaman bagi seseorang. Dengan berpelukan, seseorang akan menjadi lebih terbuka dan jujur saat berkomunikasi. Selain itu efek baik lainnya yang akan dirasakan orang yang dipeluk adalah memberi rasa aman bagi seseorang saat dirinya sedang terguncang.

2. Baik untuk Kesehatan

Studi menemukan banyak manfaat ketika kita melakukan pelukan selama 10 detik. Saat berpelukan akan terjadi reaksi fisik dan tubuh akan mengeluarkan cairan kimia alami yang membuat tubuh lebih sehat. Berpelukan juga mengurangi resiko serangan jantung, mengurangi stres, mengurangi rasa capek, dan lain-lain.

3. Meningkatkan Sistem Imun

Tingkat imunitas pada tubuh seseorang bisa dipengaruhi oleh emosional yang dimiliki seseorang. Tekanan tubuh yang dirasakan saat berpelukan akan mengaktifkan Solar Plexus Chakra dalam tubuh dan menstimulasi kelenjar timus sehingga akan menyeimbangkan produksi sel darah putih.

4. Meningkatkan Percaya Diri

Penelitian pun menemukan anak yang sering dipeluk oleh orang tua mereka akan lebih percaya diri dibanding dengan anak yang jarang disentuh oleh kedua orang tuanya. Sentuhan yang diterima sejak kecil bisa meningkatkan rasa cinta seseorang pada diri sendiri.

5. Kulit Lebih Halus

Pelukan juga membuat kulit lebih halus, karena ketika dipeluk kulit akan merespon baik sehingga warna kulit lebih bersinar, sehat, dan halus. Kulit akan menjadi lembut dan tidak tegang.(dea)