Makanan nugget mungkin sudah tak asing lagi di telinga Anda, apalagi makanan yang biasanya terbuat dari bahan daging ayam tersebut sangat cocok untuk dikonsumsi sehari-hari. Karena selain rasanya yang lezat, makanan ini pun mudah dimasak. Jika selama ini kita mengenal nugget berbahan dasar daging ayam. Bagaimana jika nugget tersebut berbahan dasar belalang? Pasti aneh ya?

Tapi jangan salah, nugget belalang memang ada dan sudah tersebar luas di Indonesia. Salah satu pembuatnya yang terkenal adalah seorang mahasiswa asal Universitas Gadjah Mada (UGM) bernama Ridho Andika Putra. Ridho merupakan mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian berhasil menciptakan kreasi unik dengan memanfaatkan belalang yakni membuat nugget belalang.

Nugget unik buatannya itu disambut baik warga sekitar dan disukai oleh semua orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Membuatnya pun ternyata tidak sulit. Untuk membuat nugget belalang, pertama belalang yang sudah mati dibersihkan lalu dikukus hingga matang. Selanjutnya giling kasar belalang dan diberi berbagai macam bumbu seperti lada, penyedap rasa, garam dan bawang putih. Untuk bagian luarnya, belalang yang sudah diberi bumbu kemudian dicelupkan dalam telur ayam dan diberi tepung.

Hasilnya, nugget dengan cita rasa gurih dan nikmat bisa Anda temukan pada nugget ini. Dikutip dariĀ kulinerfood.com (Minggu, 6/7/2014), selain lezat, nugget ini pun memiliki kandungan protein yang cukup tinggi.

Kandungan protein yang ada di dalam belalang basah bisa mencapai 40 persen, dan bila digoreng kandungan proteinnya akan meningkat jadi 60 persen. Belalang yang digunakan untuk nugget ini adalah belalang kayu yang umumnya hidup di pohon jagung, ketela, akasia, dan pucuk jati. Apakah Anda tertarik untuk mencoba nugget unik yang satu ini?(dea)