Kuliner menjadi salah satu tujuan utama bagi pecinta kuliner. Hal itu tak terkecuali di kota suci di Arab Saudi, yaitu Mekah dan Madinah. Kedua kota itu memang memiliki minuman yang cukup unik yang tentunya tak boleh terlewati jika Anda adalah seorang pemburu kuliner. Apa saja minuman yang tersedia di dua kota suci tersebut? Berikut macam-macamnya, dilansir dari Yukpegi, Senin (7/7/2014).

1. Kopi

Kopi Arab, atau lebih sering disebut Qahwa atau Ghawa disana, sudah terkenal bahkan sejak tahun 1200 M  dan merupakan minuman yang wajib dicoba bagi para wisatawan. Berbeda dengan kopi yang biasa dinikmati di Indonesia, orang-orang Arab menikmati kopi dengan cara menambahkan beberapa jenis rempah, seperti bubuk cardamom (sejenis jahe), cengkeh, dan rempah-rempah lainnya. Semua rempah itu kemudian tinggal ditambah dengan air panas.

2. Teh

Sama seperti negar-negara lainnya, negara Arab Saudi juga memiliki minuman teh khasnya sendiri. Yang membuat teh Arab unik adalah variasinya, yaitu teh merah, teh hitam, teh hijau dan teh susu, dan campuran daun naâ??na hasawi. Daun naâ??na hasawi yang panjang seperti kangkung ini dicelupkan ke secangkir teh yang masih hangat dan efek yang didapat adalah aroma yang lebih harum. Teh hijau Arab terbuat dari daun naâ??na magribi, sedangkan teh susu Arab terasa sedikit lebih pahit dari teh susu dari negara lain.

3. Air Zam-zam

Mungkin minuman inilah yang merupakan minuman paling terkenal yang datang dari Arab Saudi. Minuman khas Arab ini memang sudah terkenal dari dulu, terlebih lagi oleh para jamaah haji. Air zam-zam bisa anda dapat hampir di setiap sudut kota Mekah dan Madinah karena letak sumurnya memang tersebar di beberapa titik di bawah kedua kota tersebut. Anda bahkan bisa menikmati air khas Arab tersebut secara gratis di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram. Sekilas air zam-zam memang tidak ada bedanya dengan air putih yang biasa Anda minum, tapi yang berbeda adalah kandungan mineralnya seperti kalsium dan magnesium. Bahkan sumber mata air zam-zam ini dikatakan tidak akan pernah kering.

4. Susu dan Yoghurt

Susu yang terkenal di Mekah dan Madinah adalah susu kemasan dengan merek Al Marai, karena kelezatan dan kualitasnya. Perusahaan makanan dan minuman Al Marai sudah mendapat predikat baik dan produknya telah tersebar ke Dubai, Abu Dhabi dan negara UAE lainnya. Susu Al Marai akan terasa segar saat dinikmati dingin, namun juga terasa enak jika dihangatkan. Sementara yoghurt di Arab disebut dengan nama Laban. Merek terkenal yogurt di Mekah dan Madinah adalah Nadec, yang rasanya sedikit asam dan kecut. (tom)