Inilah Jenis Posisi Tidur Terbaik dan Terburuk

Saat Anda sedang tertidur, pastinya Anda kerap merubah posisi tidur bukan? Biasanya, seseorang akan tidur dengan berbagai macam posisi seperti telentang, miring, maupun tengkurap. Hal ini dimaksudkan agar tulang Anda tak  terkena penyankit yang disebut Benign Paroxysmal Positioning Vertigo (BPPV).

Penyakit ini merupakan salah satu penyebab paling umum dari vertigo, yaitu sensasi berputar-putar di kepala yang tiba-tiba menyerang. BPPV ditandai dengan rasa nyeri ringan yang singkat sampai pusing yang intens. Gejala BPPV dapat dipicu oleh perubahan posisi kepala ketika tidur, berbaring, membalik atau duduk di tempat tidur.

Berdasarkan, sebuah studi di Amerika Serikat oleh merek furnitur Anna Linen, sekitar 74% orang tidur dalam posisi miring, 16% tidur tengkurap, dan sisanya yakni 10% tidur telentang.

Ternyata, ketiga posisi tidur itu memiliki kebaikan dan keburukan. Terkait hal ini, Dr W. Christopher Winter, selaku Direktur Medis Martha Jefferson Hospital: Sleep Medicine Center di Charlottesville, Virginia, menjelaskan bagaimana posisi tidur memengaruhi kesehatan kita.

Di bawah ini adalah ulasan selengkapnya, seperti dikutip dari Graiza, Senin (7/7/2014).

Tidur telentang
Meminimalkan payudara kendur dan kerutan di atasnya
– Meminimalkan risiko refluks asam
– Meningkatkan risiko mendengkur

Tidur miring
– Mengurangi dengkuran
– Meningkatkan sirkulasi darah
– Dapat menyebabkan nyeri pada bahu dan panggul
– Meningkatkan payudara kendur dan keriput

Tidur tengkurap
– Mengurangi dengkuran
– Dapat menyebabkan nyeri punggung dan leher
– Meningkatkan payudara kendur dan keriput di atasnya

Dalam konteks kesehatan, posisi tidur yang baik berkaitan dengan posisi tulang belakang. Posisi tidur yang terbaik adalah tulang belakang tegak dan bukan lurus.

Meski kepala seseorang berada di atas bantal dan tubuh ditopang kasur, posisi tulang belakang tetaplah harus tegak. Begitu pula dengan berbagai posisi tidur baik telentang, miring kanan-kiri maupun tengkurap. (nha)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...