Sebagaimana diketahui, pantai di Indonesia sangatlah banyak. Di berbagai kota terdapat satu atau lebih pantai yang memiliki keindahan tersendiri. Salah satunya, pantai yang terletak di Kebumen, Jawa Tengah.

Pantai ini bernama Pantai Karangbolong. Layaknya, pantai pada umumnya, karangbolong juga menghadirkan sejuta pesona dan keindahan pantainya. Tak heran, jika pantai ini tak pernah sepi pengunjung baik musim liburan ataupun hari biasa.

Keindahan pantai di Kebumen juga tidak kalah dengan daerah lain, apalagi soal jagoannya yaitu Pantai Karangbolong. Sayangnya, pantai ini kini mulai jarang dikunjungi wisatawan karena kalah bersaing dengan pantai lain.

Letak pantai ini di pertigaan Gombong-Karangbolong-Yogyakarta. Jika ingin kesana, Anda bisa menaiki bus 3/4 dengan jurusan Gombong-Karangbolong dengan biaya Rp 8.000. Untuk masuk ke Pantai Karangbolong, Anda hanya perlu menambah Rp 5.000/orang.

Saat Anda memasuki pantai ini, Anda akan melihat berbagai pedagang yang menjual cemilan di mulut gua yang menjadi simbol pantai ini. Konon, jika air sedang pasang maka goa ini akan tertutup air sehingga tak bisa dimasuki.

Dari gua itu, Anda juga bisa melihat pantai Suwuk yang tak kalah indahnya. Pemandangan orang memancing ataupun bermain air pun akan terlihat di sekitar Pantai Karangbolong.

Ada pula keluarga yang sekedar duduk di tengah pasirnya. Perlu diingat, di Pantai Karangbolong sangat tidak dianjurkan bagi pengunjung untuk berenang. Pasalnya, besarnya ombak serta belum adanya pengelola yang menjamin keselamatan di sana.

Bagi Anda yang ingin berjalan-jalan maupun melepas penat dari padatnya aktivitas sehari-hari, maka tempat ini menjadi destinasi yang cocok. Dari sini, Anda akan menemukan pemandangan alam yang asri dengan kesejukan yang dihadirkan Pantai Karangbolong. Ayo, tunggu apalagi, sempatkanlah berkunjung ke sini. Di jamin Anda akan merasakan suasana berwisatawa yang luar biasa. (nha)