Blue Nelson

Danau cantik bernama Blue Nelson dikenal sebagai danau paling bening di dunia. Oleh penduduk sekitar, danau ini dikenal dengan nama Rotomairewhenua. Blue Nelson berlokasi tepat di sebuah taman nasional di Selandia Baru. Saat Anda melihat danau ini, Blue Nelson akan memantulkan warna birunya air yang sangat bening.

Saking beningnya, Blue Nelson hanya mampu ditandingi oleh jernihnya air di Samudera Pasifik yang terletak di dekat Pulau Paskah. Tahukan Anda? Beberapa hasil penelitian mengklaim jika air di Blue Nelson setara dengan air hasil penyulingan.

Tingkat kejernihan Blue Nelson ini dipercaya mencapai kedalaman 80 meter. Itu artinya, jika Anda menyelam di Blue Nelson hingga kedalaman 80 meter, Anda tetap bisa melihat sinar matahari.

Siapa sangka? Ternyata tingkat kejernikahan Blue Nelson mampu mematahkan rekor mata air Te Waikoropupu di Golden Bay yang hanya mencapai 63 meter. Wah, hebat sekali bukan? Adapun penyebabnya bisa seperti itu ialah lantaran letak danau yang ada di pegunungan.

Saat musim semi tiba, Blue Nelson mendapatkan aliran dari danau Constance yang letaknya berdekatan. Di mana air yang mengalir bakal melewati puing-puing longsor yang membentuk sebuah bendungan antara dua danau ini. Sungguh indah ya Blue Nelson ini.

Saking jernihnya, ekosistem yang berada di sekitar danau seperti pohon pun dapat terpantul dengan jelas. Tak ayal, danau ini sering disebut sebagai cermin raksasa.

Tertarik pada kebeningan Danau Blue Nelson, membuat pria bernama Rob Merrilees dan Dr Rob Davies-Colley selaku spesialis optik air beserta ilmuwan NIWA Mark Gall selaku ahli instrumentasi laut optik mengadakan studi ilmiah.

Ternyata ketiga peneliti ini membuktikan bahwa jarak pandang horizontal di danau ini mencapai 70-80 meter. Hal itu membuat seluruh bagian dalam di Danau Blue Nelson bisa terlihat jelas. (nha)