Lomba Lempar Ponsel, Mau Ikutan?


Ada hal aneh yang terjadi di negara bernama Finlandia. Pasalnya, Finlandia mengadakan lomba melemparkan ponsel belum lama ini. Kegiatan unik ini dinamai Mobile Phone Throwing.

Mobile Phone Throwing atau lomba melempar ponsel diadakan pertama kali pada tahun 2000 di Savolinna. Perlombaan lempar ponsel ini digelar setiap tahun pada pekan akhir di bulan Agustus.

Bermula dari menumpuknya sampah ponsel di Finlandia yang kian menggunung dan dapat menyebabkan kerusakan lingkungan. Mengunungnya sampah ponsel dikarenakan masyarakat Finlandia yang sangat konsumtif selalu membeli handphone baru. Hal inilah yang memicu masyarakat Finlandia untuk memanfaatkan sampah ponsel menjadi kegiatan positif dan menarik.

Dikutip dari website resmi kegiatan ini, Selasa (8/7/2014) terdapat beberapa peraturan yang ditetapkan dalam perlombaan ini. Ponsel yang digunakan untuk melempar disediakan oleh panitia lomba dengan berbagai macam jenis, merek, bentuk dan ukuran warna tersedia.

Lalu, tiap peserta bebas memilih ponsel yang digunakan untuk melempar dengan berat standarnya ialah 220-400. Selanjutnya, peserta boleh melempar ponsel sejauh mungkin sesuai dengan batas yang telah ditentukan.

Namun apabila peserta melanggar garis batas maka akan dikualifikasi oleh juri. Terdapat beberapa kategori dalam perlombaan ini yaitu Junior, anak yang berusia 12 tahun ataupun dibawahnya.

Freestyle tidak ditentukan batas umurnya, boleh tim dan juga individual. Gaya dan estetika melempar juga menjadi penilaian. Original, lemparan dilakukan dengan cara tradisional seperti gaya melempar tolak peluru dan yang terjauhlah yang menang. Pemenangnya ditentukan dari lemparan yang paling jauh.

Tak hanya penduduk Finlandia saja yang mengikuti lomba lempar ponsel itu, wisatawan dari negara lain ikut serta dalam lomba unik tersebut. Saat ini, lomba lempar ponsel telah menjadi tradisi bagi warga Finlandia. Bahkan, perlombaan ini masih bertahan hingga kini di negara tersebut. (nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak