Dalam berbuka puasa, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang bercita manis. Dewasa ini, sudah banyak beragam menu buka puasa bercita rasa yang hadir di seluruh negara.

Selain korma, negara Arab juga memiliki menu lain untuk berbuka puasa. Menu ini berupa kue manis yang sering disebut pancake. Adapun pancake ini dinamai Qatayef atau Atayef.

Qatayef merupakan pancake khas Arab yang sangat digemari oleh penduduk setempat. Tak salah, jika di bulan Ramadhan ini, kue tersebut sangat laris dipasaran.

Mulanya, Qatayef secara tradisional banyak ditemukan di Mesir dan negara-negara Mediterania timur seperti Cyprus, Yordania, Lebanon, Suriah, Palestina dan Turki.

Pada negara-negara tersebut, Qatayef dijual di pinggir jalan menjelang adzan magrib. Selain dijajakan di sepanjang jalan, desert manis ini kerap dimasak dengan kreasi beragam dari para ibu rumah tangga.

Berbeda dengan pancake yang selama ini ditemui, Qatayef memiliki ukuran yang mungil. Selain itu, pancake ini punya berbagai isian rasa. Topping tradisional qatayef yakni krim dan kacang-kacangan.

Namun, saat ini qatayef dijual dengan beragam pilihan topping mulai dari keju Akkawi, kismis, madu hingga Ater atau sirup gula. Ternyata, cara membuat adonan Qatayef hampir sama dengan pancake biasa.

Anda hanya mencampurkan tepung terigu, gula, ragi dan susu dalam satu adonan. Selain komposisi itu, ada pula beberapa penjual Qatayef yang menambahkan vanili dan kayu manis untuk aroma dan cita rasa yang lebih lezat.

Setelah diaduk rata, adonan dapat langsung dituangkan ke penggorengan. Perlu diperhatikan, ketika memasak Qatayef, Anda tak perlu membaliknya. Anda cukup memberi topping di bagian atas.

Selanjutnya, saat sudah terlihat matang, Anda bisa melipat menjadi dua bagian dan Qatayef pun siap disajikan. Ternyata, sangat mudah ya cara membuat pancake ini. Lantas, apakah Anda mau mencoba? (nha)