Baru-baru ini, sosial media Youtube dihebohkan oleh sebuah dramatis dua pesawat yang nyaris tabrak di bandara Barcelona. Seperti dikutip dari CNN Travel, Selasa (8/7/2014) dalam video itu terlihat pesawat UTair Boeing 767 asal Rusia hendak mendarat beberapa saat ke landasan pacu Bandara Barcelona.

Namun, disaat bersamaan muncul pesawat Aerolineas Argentinas menyebrangi landasan pacu tersebut. Kala itu, pesawat UTair sudah berada di ketinggian puluhan meter untuk mendarat. Akan tetapi, Aerolineas Argentinas justru tetap menyebrangi landasan pacu.

Demi menghindari tabrakan, pesawat UTair lantas terlihat kembali naik ke udara. Pesawatnya pun tampak terlihat tak stabil saat kembali naik. Jika pesawat UTair tetap memaksakan pendaratan, maka akan terjadi peristiwa tabrakan antar pesawat. Aeropuertos Espanoles Navegacion Aerea (AENA) alias pihak otoritas bandara Spanyol menyatakan, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Di sisi lain, analisis penerbangan Miles O’Brien mengatakan sang pilot UTair mengambil keputusan go around dengan tepat, yakni batal mendarat dan memutuskan untuk terbang kembali ke atas. “Hanya ada serangkaian kesalahan di sana,”¬†tandasnya.

Terkait kasus ini, pihak dari maskapai UTari yang diwakili oleh salah satu juru bicaranya menjelaskan, pesawat terbang dari Moskow menuju Barcelona dan sudah melakukan prosedur dengan tepat sesuai arahan dari pihak Bandara Barcelona.

“Pilot telah melakukan prosedur pendaratan dengan bak, lalu mengambil keputusan yang cepat untuk kembali menerbangkan pesawat saat melihat ada yang tak beres di landasan pacu. Pesawat akhirnya kembali mendarat dengan selamat. Menurut peraturan penerbangan internasional, pesawat yang hendak mendarat memiliki prioritas mutlak atas pesawat yang sedang berada di bandara,” pungkas salah satu juru bicara dari maskapai UTair.

Penasaran dengan kejadian tersebut? Simak, video selengkapnya di atas postingan berikut. (nha)