Sejak balita, gadis kecil asal Nigeria ini sudah bisa menghfal Al-quran. Kemampuannya yang luar biasa ini menempatkannya ke dalam jajaran muslim termuda yang mampu menghafal Al-quran. Gadis ini bernama Rukkayatu Fatahu Umar,

Dikutip dari dream.co.id (Rabu, 9/7/2014), saat usianya tiga tahun meski belum bisa menulis dan membaca, Rukkayatu mampu menghafal Al-quran dengan hatinya, kemampuan yang tidak dimiliki oleh orang kebanyakan. Rukkayatu mulai belajar mengenal dan membaca Al-quran dari sekolah Islam yang didirikan oleh seorang ulama yang terkemuka bernama Sheikh Dahiru Usman Bauchi. Di sekolah tersebut juga, Ibu dari Rukkayatu, Maimunatu menjadi pengajar.

Menurut pengakuan Maimunatu, setiap mengajar di sekolah, Ia selalu menggendong Rukkayatu di belakang dan dari situlah, anaknya itu mulai belajar menghafal Al-quran dari awal hingga akhir. Setiap harinya, Rukkayatu menemani ibunya mengajar dari pukul tujuh pagi hingga enam petang, perjalanan menghafal Al-quran tidaklah mudah. Gadis itu hanya memiliki waktu bermain yang sedikit.

“Jujur, saya tidak dapat berbicara banyak, tapi saya sangat berterima kasih kepada Allah untuk semua ini,” kata Maimunatu. “Ini sungguh rahmat dari Allan. Saya sangat bersyukur kepada Allah untuk semua ini.”

Tak hanya orang-orang di sekitarnya yang terkagum akan kemampuan gadis yang sudah berusia lima tahun ini. Rukayyatu sendiri tak menyangka telah bisa menghafal seluruh ayat Al-quran.

Keluarga Maimunatu memang terkenal sebagai keluarga yang sangat taat pada agama. Segala kehidupan yang terdapat pada keluarga ini didasarkan pada Al-quran dan hadis Nabi. â??Yang terbaik di antara kamu adalah orang yang mempelajari dan mengajarkan Alquran,â? tambah Maimunatu.

Rukkayatu berhasil memecahkan tradisi daerah setempat dengan bersekolah pada usianya enam tahun nanti. Rata-rata warga setempat menyekolahkan anak mereka pada usia sepuluh tahun.