Bosan dengan wahana akuarium yang ada di Jakarta? Mungkin Anda bisa pergi ke luar negeri jika memiliki dana berlebih, tepatnya ke Kanada. Di sana terdapat Ripley’s Aquarium of Canada, yang merupakan akuarium indoor terbesar di Kanada.

Akuarium tersebut dibangun untuk tujuan konservasi dan penelitian. Selain itu, akuarium tersebut juga dibangun untuk menyediakan sarana hiburan bagi keluarga. Dilansir dari Yukpegi, Kamis (10/7/2014), Ripley’s Aquarium of Canada memiliki sembilan ruang eksibisi. Ruang eksibisi yang pertama adalah Canadian Waters, yang memiliki 17 akuarium dan dibuat menyerupai kondisi laut yang sebenarnya. Binatang laut yang hidup di ruang ini meliputi American Lobster, Largemouth Bass, Alewife, Lumpfish, Wolf Eel, dan masih banyak lagi.

Ruang eksibisi yang kedua dinamakan Rainbow Reef. Ruang kedua ini merupakan rumah bagi lebih dari 100 jenis spesies ikan termasuk Emperor Angelfish, Picasso Triggerfish, dan masih banyak lagi. Yang menarik, ada penyelam professional yang akan melakukan atraksi di dalam ruang tersebut setiap jamnya. Ruang yang ketiga yaitu Dangerous Lagoon, yang memiliki terowongan dimana para pengunjung dapat melihat kehidupan bawah laut dari dekat. Memasuki ruang keempat, Anda akan menemukan Discovery Centre, yang merupakan tempat hidup bagi ikan-ikan seperti Clownfish, Horseshoe Crab, Palette Surgeonfish, dan masih banyak lagi. Pengunjung dapat melihat suasana bawah laut yang ditawarkan oleh ruang exhibitions ini dengan kapal selam.

Lanjut ke ruang kelima. Di ruang kelima ada Touch Tanks, dimana pengunjung bisa bersentuhan langsung dengan ikan pari dan ikan hiu. Ruang ini merupakan tempat hidup bagi berbagai jenis binatang laut termasuk Whitespotted Bamboo Sharks, Cownose Rays, Brownbanded Bamboo Sharks, dan Southern Stingray. Sementara ruang keenam dinamakan The Gallery. Ruang keenam ini merupakan tempat dimana pengunjung bisa menyaksikan banyak batu coral cantik yang menjadi tempat hidup bagi ikan-ikan cantik seperti Electric Eel, Red Lionfish, dan ikan-ikan cantik lainnya. Setelah itu ada ruang ketujuh yang disebut Ray Bay, dimana pengunjung dapat menyaksikan ikan pari dan penyelam yang memberikan makan pada ikan.

Dua ruang terakhir dinamakan Planet Jellies dan Life Support System. Ruang Planet Jellies berisi segala macam informasi mengenai ubur-ubur, sementara ruang Life Support System berisi berbagai peralatan pendukung untuk menyelam. Jika Anda ingin mengunjungi akuarium ini, Ripley’s Aquarium of Canada ini buka setiap hari dari pukul 9 pagi sampai pukul 11 malam. Tertarik ke sini? (tom)