Seperti yang telah diberitakan di media-media, Israel kembali menyerang rakyat Palestina, tepatnya di Gaza dan menyebabkan teror bagi rakyat Palestina serta merenggut nyawa orang-orang, bahkan anak-anak yang tidak bersalah. Meskipun tidak berjuang langsung, ada beberapa yang memberikan bantuan moral berupa lagu untuk rakyat Palestina. Berikut adalah 5 lagu mengetuk hati untuk rakyat Palestina, dilansir dari Kaskus, Jumat (11/7/2014).

1. Oneworld – Freedom For Palestine

Lagu ini sebenarnya dirilis pada tanggal 3 Juli 2011, namun kembali berkumandang di tahun 2014 ini. Lagu ini menceritakan mengenai krisis yang terjadi di sana dan penuh dengan pelanggaran hak asasi manusia. Lirik yang terdapat dalam lagu ini membuat kita tersentuh hatinya. Lagu ini dibawakan oleh kolaborasi yang dinamakan Oneworld, yang terdiri dari Maxi Jazz (Faithless), Dave Randall (Slovo/Faithless), LSK, the Durban Gospel Choir, Jamie Catto (1 Giant Leap), Andrea Britton, Harry Collier, Sudha Kheterpal, Andy Treacy, Attab Haddad, Joelle Barker and Tony Reed. Lagu ini pernah menduduki posisi 10 di UK Indie Charts saat pertama kali dirilis.

2. Maher Zain – Palestine Will Be Free

Perjuangan rakyat Palestina mempertahankan negaranya membuat penyanyi Maher Zain menciptakan lagu berjudul Palestine Will Be Free. Lagu ini menceritakan sebuah harapan yang ada pada setiap rakyat Palestina serta semua orang, bahwa sesuatu saat akan ada kebebasan dan perdamaian yang mereka impikan.

3. Michael Heart – We Will Not Go Down

Penyanyi asal Amerika Serikat namun lahir di Suriah ini memiliki nama asli Annas Allaf, dan Michael Heart merupakan nama panggungnya. Michael Heart tergugah dengan perjuangan rakyat Palestina yang tak pernah menyerah. Karena itu, dirinya menciptakan sebuah lagu untuk penyemangat rakyat Palestina berjudul “We Will Not Go Down”. Lagu ini dirilis pada tahun 2012 dan Anda dibebaskan untuk mengunduhnya atau mendengarkan lagu itu secara online.

4. Lowkey – Long Live Palestine

Kareem Dennis atau dikenal dengan nama panggung Lowkey ini membuat sebuah lagu perlawanan rakyat Palestina berjudul “Long Live Palestine”. Pemuda keturunan Inggris dan Irak ini yakin bahwa lagu memiliki kekuatan viral untuk menggerakkan sesuatu. Musisi yang juga menjadi aktivis politik ini menyerukan perlawanan Palestina sekaligus mengajak masyarakat dunia untuk bergabung dan mengutuk perang yang terjadi.

5. David Rovics – Jenin

David Rovics sebenarnya terlahir dari keluarga Yahudi. Namun hal tersebut tak lantas membuat dirinya membenci orang Palestina. Dirinya justru menunjukkan simpatinya atas ketidakadilan dan perang yang melanda Palestina dan mempersembahkan sebuah lagu para pengungsi Palestina di Jenin. Lagu yang berjudul sama dengan nama kemah pengungsian ini juga melihat ke dalam pikiran seorang pembom bunuh diri. (tom)