Propinsi Aceh menawarkan banyak pilihan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, terutama wisata alam berupa danaunya. Salah satu danau yang cukup seru dan menarik untuk dikunjungi adalah Danau Aneuk Laot.

Objek wisata danau ini terletak di tengah kota Sabang, Aceh. Danau ini memang tidak seluas Danau Laut Tawar. Namun danau ini cukup luas dengan luas mencapai sekitar 37,5 hektar. Dilansir dari Yukpegi, Jumat (11/7/2014), nama Aneuk Laot sendiri berarti â??Anak Lautâ??.

Danau ini menawarkan panorama alam yang sangat indah dan mampu memanjakan mata. Danau ini memiliki air yang sangat jernih dan berwarna kebiruan sehingga semakin menambah daya tarik bagi danau ini. Di sana, para wisatawan dapat menikmati kesegaran air danau dengan berenang atau sekedar bersantai di tepi danau sambil menikmati bekal makanan.

Selain berair jernih, udara yang ada di kawasan danau ini masih cukup segar dan bersih karena belum terkena polusi udara. Suasana seperti ini tentu membuat para wisatawan merasa betah untuk berlama-lama berada di tempat wisata danau ini.

Perjalanan menuju Danau Aneuk Laot ini bisa ditempuh selama 30 menit dari kota Sabang, baik menggunakan kendaraan pribadi meupun menggunakan kendaraan umum yang melewati Kelurahan Aneuk Laot. Untuk kendaraan umum, Anda dapat naik angkot, taksi, ojek atau becak motor. Uniknya, taksi di daerah ini tidak jauh berbeda dengan angkot karena kendaraan ini juga menarik penumpang lain, tidak seperti taksi di Jakarta yang tidak menarik penumpang lain jika sudah ada penumpangnya.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi danau ini, maka saat terbaik untuk mengunjungi danau ini adalah saat sore hari di mana pengunjung dapat menyaksikan indahnya pemandangan matahari terbenam. Melihat pemandangan matahari terbenam di tepi danau bersama dengan orang terkasih tentu menawarkan suasana yang romantis dan berkesan.

Meski demikian. pemandangan malam hari pun tak kalah romantisnya. Ketika hari sudah mulai menjelang malam, lampu-lampu yang terdapat di atas danau ini akan menyala dan menerangi sekitar danau, menjadikan suasana malam Anda semakin romantis. (tom)