Jika berkunjung ke Provinsi Sumatera Barat sempatkanlah diri untuk menikmati pemandangan wisata alam di Lembah Harau, salah satu lembah terindah yang dimiliki Indonesia. Lembah ini terletak Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat.

Lembah Harau berada sekitar 1,5 jam perjalanan dari Bukittinggi, 138 kilometer dari Padang dan sekitar 18 kilometer dari Kota Payakumbuh. Harau diyakini berasal dari kata “parau” yang memiliki arti suara serak. Tempat ini dikelilingi batu granit dengan ketinggian 100 hingga 500 meter yang berwarna-warni. Selain itu suasana alam pegunungan pun akan memanjakan mata Anda ditambah dengan air terjun dengan ketinggian 100 meter.

Lembah ini begitu subur dengan kekayaan alamnya yang melimpah. Iklim di lembah ini tropis dengan tanah yang subur. Lembah ini memiliki keindahan seperti di Taman Nasional Yosemite yang terletak di Sierra Nevada, California. Tak heran Lembah Harau dijuluki sebagai Lembah Yosemite Indonesia.

Dikutip dari indonesia.travel (Sabtu, 12/7/2014), Lembah Harau memiliki pemandangan air terjun yang memukau bernama Bunta Waterfall atau Sarasah Bunta. Sarasah Bunta mengalirkan air tawar segar dari dataran tinggi hingga ke sungai-sungai yang ada di lembah. Airnya begitu jernih dan alami. Dinamakan Sarasah Bunta karena air terjun yang mengalir berunta-unta indah apabila terkena pantulan sinar matahari, seperti ada bidadari yang sedang mandi.

Lembah Harau sebenarnya merupakan acagar alam dengan luas sekitar 669 hektar. Legenda masyarakat sekitar menceritakan dahulu cagar alam Lembah Harau adalah laut.

Dinding curam khas Lembah Harau membuat tempat ini memiliki 300 lokasi untuk panjat tebing, dimana lokasi ini merupakan daya tarik bagi para pemanjat dan fotografer. Kecuraman tebing yang ada di sini bisa mencapai 90 derajat dengan ketinggiannya bisa mencapai 200 meter. Para pemanjat sering menyebut lembah ini sebagai Yosemite-nya Indonesia.(dea)