Jika polisi biasanya beraptroli menggunakan sepeda motor atau mobil, maka ada yang unik dengan polisi yang bertugas di Green Bay, Wisconsin, Amerika Serikat bagian tengah. Apa yang unik? Di sana ada petugas polisi yang berpatroli dengan menggunakan skateboard alias papan luncur. Ia adalah Joel Zwicky yang juga seorang mantan fotografer.

“Aku memiliki ide pada 2 tahun lalu karena aku suka skateboard dan mencari apa yang bisa kulakukan dengan itu di pekerjaanku,” ucap Joel seperti dilansir dari ABC News, Minggu (13/7/2014). Ia kemudian menawarkan ide patroli dengan menggunakan papan luncur ke kesatuannya tapi tidak ditanggapi serius.

Namun di awal tahun 2014 ini, kesatuan tempat Joel bekerja sedang mencari cara baru agar bisa lebih menyatu dengan warga di sana. Sehingga Joel mengajukan lagi idenya menggunakan papan luncur seperti yang pernah dia ajukan dulu. Akhirnya idenya itu kini disetujui. Pria berusia 40 tahun itu pun memulai patrolinya keliling kota di atas papan luncur pada bulan Mei lalu.

Dengan menggunakan papan luncur, Joel jadi bisa menjangkau tempat-tempat yang sulit dijangkau patroli dengan kendaraan lain. Jika harus berpindah lokasi yang jauh maka ia tinggal mengendarai mobil dengan membawa skateboard-nya. Tentu saja untuk memudahkan tugas maka papan luncur tersebut dimodifikasi agar lebih mulus digunakan di jalan dan memiliki lampu LED merah-biru layaknya mobil polisi.

“Menggunakan mobil patroli setiap hari rasanya seperti ada pembatas dengan publik dan membuat mereka terintimidasi untuk berbicara dengan kami,” tutur Joel. “Tapi dengan aku melintasi mereka, semuanya tersenyum dan kami dapat saling bicara. Bahkan ketika aku berpatroli banyak yang meminta foto bareng.”

Joel kemudian mendokumentasikan kesehariannya di blog miliknya yang bernama Skateboardcop dan berharap dapat mengubah cara berpikir yang kuno. Ia ingin agar negara bagian lainnya juga membuat tim polisi yang menggunakan papan luncur. Untuk sekarang ini mantan musisi tersebut yakin dia satu-satunya polisi yang menggunakan papan luncur di dunia. (tom)