Perawatan wajah sangat diperlukan untuk menjaga wajah selalu terjaga dan tidak rentan mengalami kerusakan. Namun dalam melakukan perawatan wajah pun harus hati-hati jangan sampai melakukan kesalahan yang mengakibatkan kondisi wajah semakin memburuk. Dikutip dari vemale.com (Minggu, 13/7/2014) berikut ini lima kesalahan umum yang sering dalam melakukan perawatan wajah.

1. Tidak Mencuci Muka Sebelum Tidur

Sebelum tidur biasanya masih banyak orang yang tidak mencuci mukanya terlebih dahulu. Padahal tidur dengan wajah yang kotor dan berminyak akan membuat pori-pori wajah semakin besar. Pastikan untuk selalu mencuci muka Anda sebelum tidur agar selalu segar setiap saat.

2. Tidak Memakai Tabir Surya

Faktor utama dari penuaan dini adalah sinar UVA ketika sedang berada di luar ruangan. Untuk itu jangan sekali-kali tidak menggunakan tabir surya ketika sedang beraktivitas di luar ruangan agar kulit wajah Anda selalu terlindungi.

3. Membeli Produk yang Populer

Kebanyakan wanita membeli produk kecantikan karena kepopulerannya atau karena produk tersebut sering dijumpai di iklan TV. Pilihlah kosmetik dengan bijak, kosmetik yang bisa mencegah penuaan dini biasanya yang mengandung vitamin C, AHA, peptide, atau retinoids.

4. Tidak Sabaran

Ketika telah memakai produk kosmetik tertentu biasanya wanita tidak sabaran ingin melihat hasilnya. Padahal butuh setidaknya waktu 8 minggu untuk melihat perubahan dari produk tersebut karena kulit butuh waktu untuk menoleransi bahan-bahan kimia yang diterima. Untuk itu janganlah bergonta-ganti produk kecantikan untuk hasil yang sesuai.

5. Tidak Menghilangkan Sel Kulit Mati

Pilihlah produk yang aman yang dapat menghilangkan sel kulit mati, cobalah pilih produk yang mengandung glycolic acid untuk menghilangkan sel kulit mati sehingga wajah Anda akan tampak segar dan bersinar.(dea)