Penjiplakan atau plagiatisme merupakan salah satu fenomena yang sering terjadi dalam dunia musik. Karena musik pada dasarnya adalah terdiri dari 7 nada dasar, sehingga tak jarang banyak karya yang memiliki kemiripan dalam struktur maupun melodi. Berikut adalah beberapa lagu hita yang diduga merupakan hasil jiplakan dari lagu lain, dilansir dari Kapanlagi, Minggu (13/7/2014).

1. American Idiot (Green Day)

Lagu “American Idiot” yang dipopulerkan oleh band pop punk asal Amerika Serikat, merupakan lagu yang cukup terkenal di tahun 2004. Green Day pun kembali bersinar setelah lagu ini diperdengarkan ke seluruh dunia. Meski demikian, ternyata lagu ini sangat mirip dengan lagu lawas milik Dillinger Four berjudul “Double Whiskey Coke No Ice”, terutama di bagian intronya.

2. Cigarette & Alcohol (Oasis)

Band Oasis yang ngetop tahun 90-an ini ternyata tak luput dari dugaan plagiat. Salah satu lagunya yang berjudul “Cigarette & Alcohol” dianggap meniru lagu “Get It On” milik T. Rex yang sudah ada sejak 1971. Kejadian ini membuat reputasi Oasis jadi menurun.

3. Creep (Radiohead)

Lagu hits milik Radiohead yang pernah populer di tahun 90-an, yaitu “Creep”, ternyata mencuri karya The Hollies yang berjudul “The Air That I Breathe”, terutama pada bagian variasi chord dan nadanya. Kasus ini bahkan pernah dibawa ke jalur hukum, dan pihak The Hollies memenangkan dalam sidang. Karena itu lagu kini lagu “Creep” harus mencantumkan nama duo personel The Hollies yaitu¬†Albert Hammond¬†dan Mike Hazzlewood sebagai pencipta.

4. I Feel Fine (The Beatles)

Menjadi band legendaris tak membuat The Beatles luput dari tudingan plagiat. Bukan tudingan lagi, bahkan sang gitaris, George Harrison mengakui kalau dalam intro lagu “I Feel Fine”, ia meniru melodi gitar dari Bobby Parker dengan lagunya yang berjudul “Watch Your Step”. Ungkapan tersebut diperhalus dengan kata ‘terinspirasi’, agar tak terdengar seperti tindak penjiplakan.

5. Justify My Love (Madonna)

Sisi kreatif manusia memiliki batasnya, dan mungkin inilah yang menyebabkan Madonna kemudian menjiplak lagu lain dan dijadikan single miliknya. Madonna juga dikabarkan menjiplak banyak lagu untuk dijadikan miliknya. Salah satunya adalah “Justify My Love”, yang bagian intronya sangat mirip dengan lagu “Security if the First World” ciptaan Public Enemy, sebuah grup hip-hop asal Amerika.

6. Last Nite (The Strokes)

Band terakhir yang diduga melakukan plagiatisme adalah band garage rock asal Amerika Serikat, The Strokes. Lucunya, malah pihak The Strokes yang mengakui lagu “Last Nite” ternyata punya ‘kembaran’. Sebagai band baru waktu itu, The Strokes mungkin beranggapan orang takkan tahu jika mereka menjiplak lagu dari Tom Petty & The Heartbreakers berjudul “American Girl”, tapi nyatanya peniruan ini terbongkar. (tom)