Sepertinya, September mendatang akan menjadi bulan bermakna besar bagi film Ghostbusters. Pasalnya, film ini akan merayakan ulang tahunnya yang ke-30 tahun.

Demi mensukseskan acara ulang tahun tersebut, debut film Ghostbusters karya sutradara Ivan Reitman diisukan bakal dirilis ulang di sejumlah bioskop Inggris. Meski begitu, penayangan film ini ternyata hanya akan berlangsung satu hari saja yakni pada 29 Oktober 2014 mendatang.

Seperti dilansir dari harian Digital Spy, Senin (14/7/2014), pemutaran ulang film ini di layar lebar juga secara tidak langsung menjadi jembatan bagi perilisan Ghostbusters 30th Anniversary Edition dan Ghostbusters II 25th Anniversary Edition.

Adapun acara itu akan dilakukan pihak Sony Pictures pada 1 September 2014 mendatang melalui format Blu-ray. “Ghostbusters masih (dan akan selalu) menjadi franchise milik studio yang paling dicintai. Dan aku cukup beruntung bisa terlibat di saat film ini baru melakukan perilisan perdananya. Jadi, melihat kenyataan bahwa Ghostbusters masih memiliki hubungan spesial dengan para penggemar film dimana-mana, hal itu membuatku sangat bergairah,” ucap salah satu petinggi Sony Pictures, Rory Bruer.

Lebih lanjut Bruer mengatakan bahwa kesempatan untuk merilis ulang film ini juga menjadi bukti kalau Ghostbusters menjadi film menyenangkan untuk ditonton berulang-ulang. “Baik di layar lebar maupun di layar kaca, Ghostbusters adalah sebuah pengalaman luar biasa yang bisa kalian rasakan lagi dan lagi,” papar Bruer

Ghostbusters adalah sebuah film komedi supranatural Amerika Serikat yang dirilis pertama kali pada tahun 1984. Film ini dibintangi sejumlah bintang seperti Bill Murray, Dan Aykroyd, Sigourney Weaver, Harold Ramis, Rick Moranis, dan Ernie Hudson.

Film pertama Ghostbusters berkisah tentang tiga pemburu hantu di kota New York. Kemudian, ceritanya berlanjut dengan sekuel bertajuk Ghostbusters II pada 1989 dan Ghostbusters III yang saat ini bersiap memasuki tahap produksi.(nha)