Menjadi seorang ibu yang sedang hamil mungkin tidaklah mudah, apalagi di tuntut harus tetap berpuasa di bulan suci Ramadan ini. Mungkin akan terasa sulit jika harus berpuasa di saat sedang mengandung si buah hati. Berikut ini tips-tips agar kuat berpuasa selama bulan Ramadan dikutip dariĀ fimela.com (Selasa, 15/7/2014).

1. Konsultasi ke Dokter

Sebelum Ibu memutuskan untuk berpuasa, ada baiknya memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk mengetahui apakah usia kandungan dan kondisi janin tidak akan terganggu selama Anda menjalankan ibadah puasa. Biasanya dokter akan memberi saran apakah sang Ibu layak berpuasa atau tidak, atau dokter akan memberi obat atau vitamin tertentu yang harus dikonsumsi agar sang Ibu bisa kuat menjalankan ibadah puasanya. Ibu hamil bisa saja berpuasa tanpa perlu ke dokter namun tergantung kondisi fisiknya, disarankan untuk berkonsultasi dulu ke dokter agar lebih aman.

2. Puasa Jika Kuat

Bagi Ibu hamil yang kuat berpuasa, boleh berpuasa, Namun jangan memaksakan diri, jika mudah lelah sebaiknya jangan berpuasa. Perhatikan asupan makanan. Konsumsi buah, sayur, vitamin, dan perbanyak minum air mineral untuk menjaga kesehatan tubuh. Kemudian, disarankan untuk berbuka terlebih dahulu dengan yang manis gunanya untuk menambah energi sehabis melakukan puasa di siang hari. Tips lainnya jangan tidur sehabis waktu subuh karena akan membuat Anda lemas di siang harinya.

3. Sadari Kondisi Tubuh dan Jaga Asupan Makanan

Mengetahui dan menyadari kondisi tubuh adalah hal penting yang menentukan apakah Anda sanggup berpuasa atau tidak saat sedang hamil, harus sangat memperhatikan asupan makanan saat berbuka dan sahur. Selain itu Ibu juga harus memperhatikan cairan yang masuk ke dalam tubuh haruslah 2 liter sehari. Pilih minuman hangat untuk meningkatkan kerja lambung.(dea)