Layaknya negara lain, Meksiko juga memiliki berbagai tempat indah yang sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Salah satu tempat menarik yang patut dikunjungi adalah air terjun bernama Hierve el Agua.

Dilansir WowKeren, Rabu (16/7/2014), Hierve el Agua merupakan air terjun dengan penampilan unik. Tergolong unik lantaran penampilanya berbeda dengan air terjun pada umumnya.

Pasalnya, air terjun di tempat ini terlihat mengeras atau membatu. Wah, sungguh sangat aneh ya? Dalam bahasa Spanyol, Hierve el Agua artinya “Air mendidih”.

Adapun nama air terjun ini berasal dari mata air belerang yang ditemukan di sana dan mengalir mengisi kolam alami di puncak air terjun. Hierve el Agua berlokasi sekitar 70 km sebelah timur kota Oaxaca dan 14 km dari kota Mitla.

Jika Anda melihat Hierve el Agua dari kejauhan, maka yang terlihat justru pemandangan seperti air terjun membeku yang ada di punggung gunung. Ternyata, kondisi yang menyebabkan air terjun terlihat membeku lantaran adanya lapisan air belerang yang melalui air terjun itu selama ratusan tahun.

Alhasil, proses pelapisan dinding air terjun itu sama dengan stalaktit pada gua-gua. Diketahui, Hierve el Agua mempunyai dua air terjun yang berdiri di atas jurang setinggi 50 meter dari dasarnya.

Air terjun setinggi 12 meter dan lebar 60 meter di dasar disebut dengan nama cascada chica. Sementara, cascada grande memiliki lebar 90 meter di dasar dan tinggi 80 meter.

Tahukah Anda? air di tempat ini mengandung kalsium karbonat. Hal itulah yang menjadikan air terjun itu seperti batu. Air terjun yang paling sering dikunjungi adalah yang kecil yang juga biasa disebut Amphitheatre. Bagaimana? Sangat menarik bukan mengunjungi Hierve el Agua di Meksiko ini? (nha)