Fenomena tak biasa muncul di wilayah terpencil di Siberia, terdapat sebuah lubang raksasa yang terbuka lebar yang diperkirakan cukup untuk sebuah helikopter masuk ke dalamnya.

Dikutip dari liputan6.c0m (Kamis, 17/7/2014), banyak spekulasi yang beredar terkait penemuan aneh ini. Banyak yang berpendapat lubang ini disebabkan oleh UFO milik alien, sebagian lagi beropini ini akibat dari pemanasan global. Kini para ilmuwan sedang berusaha mencari tahu mengapa muncul lubang sebesar itu.

Lubang yang seakan tidak berdasar itu oleh helikopter milik industri migas yang sedang terbang di wilayah utara Siberia. Lubang tersebut ditemukan di daerah Yamal yang berarti “akhir dunia” menurut bahasa asli penduduk Nenets.

Di Yamal pernah terjadi tubrukan terdahsyat meteor paling mematikan yang terjadi di era modern. Peristiwa meteor itu terjadi pada 30 Juni 1908, kekuatannya diperkirakan mencapai 1.000x lipat dari bom atom Hiroshima. Akibat dari ledakan itu sungguh luar biasa, sebanyak 80 juta pohon diketahui hangus terbakar di hutan yang luasnya mencapai 2.000 meter persegi. Untungnya tak ada korban jiwa akibat leadkan meteor tersebut.

Banyak yang mengira ledakan meteor yang sudah terjadi ratusan tahun tersebut adalah penyebab lubang misterius itu muncul. Menurut para saksi mata, lubang tersebut cukup besar dimasuki oleh helikopter Mi8 yang memiliki panjang 18 meter tanpa menyentuh sedikitpun pinggirnya.

“Kami dengan pasti bisa menyatakan, itu bukan akibat meteorit,” kata juru bicara Kementerian Darurat Rusia seperti yang jadiberita.com lansir dari liputan6.com.

Kapten helikopter yang merekam lubang tersebut kemudian mengunggah videonya ke Youtube dan menyebar dengan cepat di dunia maya. Ada yang mengaitkan lubang tersebut buatan UFO yang membuat pintu rahasia menuju ke ke dalaman Bumi. Hingga kini penyebab lubang tersebut masih diselidiki.(dea)