Belum selesai pencarian pesawat MH370, kabar duka sekaligus mengejutkan kembali datang dari Malaysia Airlines. Kali ini menimpa pesawat dengan nomor penerbangan MH17. Pesawat tersebut dikabarkan jatuh di Ukraina seperti dikutip kantor berita Rusia, Interfax, Jumat (18/7/2014). Hingga saat ini puing-puing pesawat itu masih tersisa di Ukraina.

Pesawat tersebut, yang tengah menjalani rute dari Amsterdam menuju Kuala Lumpur, mengangkut 295 orang di dalamnya, jatuh di dekat perbatasan Ukraina dan Rusia. Saat itu pesawat berangkat dari Belanda pada pukul 12.14 waktu setempat atau kira-kira pukul 19.14 WIB. Seorang juru bicara Malaysia Airlines membenarkan telah terjadi “sebuah insiden” terhadap salah satu pesawatnya dan akan mengeluarkan pernyataan resmi dalam waktu singkat.

Pesawat MH17 itu diduga jatuh akibat ditembak karena saat itu pesawat sedang terbang dekat kota Shaktarsk di wilayah Donetsk yang dikuasai pemberontak pro-Rusia. Namun masih belum jelas siapa yang menembak jatuh pesawat tersebut. Naasnya, semua penumpang yang ada di dalam pesawat tersebut yang berjumlah 295 orang, yaitu 280 orang penumpang dan 15 orang kru pesawat, semuanya tewas dan tidak ada yang selamat. Menurut kabar, di dalam pesawat itu juga ada WNI yang ikut menumpang, namun masih belum jelas identitasnya.

Kabar jatuhnya pesawat MH17 ini jelas membuat dunia kembali terguncang dan berduka. Kini pemerintah setempat sedang menyelidiki apa yang menyebabkan pesawat itu bisa ditembak dan siapa pelakunya. Karena peristiwa ini, pemerintah Ukraina, yang saat ini juga sedang mengalami krisis, setuju untuk melakukan gencatan senjata demi membantu penyelidikan pesawat MH17 ini.

Bila Anda ingin melihat puing-puing sisa pesawat Malaysia Airlines MH17 yang ditembak jatuh di Ukraina, Anda bisa melihat pada foto-foto di bawah ini. Foto diambil dari berbagai sumber. (tom)