Makan malam merupakan gaya hidup dari seseorang, Ternyata momen saat menikmati makan malam itu bisa mengungkap banyak aspek dalam kehidupan kita. Dari situ, seorang fotografer bernama Miho Aikawa lalu membuat sebuah proyek fotografi yang menunjukkan betapa cara orang-orang di Amerika Serikat menikmati makan malamnya sudah berubah.

Dilansir dari Daily Mail, Sabtu (19/7/2014), sebuah kajian Public Health Nutrition menunjukkan bahwa kegiatan makan sudah berubah dari yang tadinya aktivitas primer menjadi aktivitas sekunder di Amerika. Hampir 50 persen orang-orang di Amerika menikmati makanannya sambil melakukan sesuatu yang lain.

Dari foto karya Miho itu, terlihat bahwa tuntutan pekerjaan dan semakin maraknya sosialisasi digital telah mengganggu momen “sakral” makan malam. Ada yang makan sambil tetap berselancar di dunia maya dan ada juga yang matanya tak lepas dari layar laptop miliknya. Ada pula seorang model berusia 20 tahun yang menikmati sandwich dan wortel sambil mengecek ulang kegiatan hariannya di iPhone miliknya. Sementara itu seorang remaja 13 tahun yang tinggal dengan ayah dan ibu tirinya menikmati makanan khas Italia sambil menonton televisi di atas tempat tidurnya. Seorang ibu di Upper West Side, menyuapi anaknya yang berusia 9 bulan sambil mengobrol dengan orang tuanya yang tinggal di Boston via Skype.

Miho mengungkapkan bahwa orang cenderung mudah bosan dengan keseharian mereka tetapi ia percaya bahwa sebenarnya kita hanya terlalu sering melewatkan hal-hal menyenangkan dan berharga di momen-momen personal kita. Ia ingin kembali menyadarkan banyak orang betapa banyak sekali momen berharga yang sering kita lewati dalam hidup ini.

Foto karya Miho yang memperlihatkan cara orang sibuk menikmati makan malamnya bisa Anda lihat pada foto-foto di bawah ini. (tom)