Libur lebaran sebentar lagi, apakah Anda sudah sudah menyiapkan diri untuk pergi berlibur bersama keluarga, teman, atau pacar? Apakah salah satu dari Anda sedang merencanakan liburan ke Jogja, tapi hanya memiliki budget yang pas-pasan? Tenang aja, liburan di Jogja terkenal murah kok! Berikut ini kami berikan tips backpackeran hemat untuk Anda yang ingin pergi ke Jogja.

1. Transportasi

Untuk Anda yang masih pemula atau belum pernah pergi ke markasnya Candi Borobudur berada, banyak transportasi umum yang tersedia untuk pergi ke kota gudeg ini. Anda bisa menggunakan bus, pesawat, atau kereta. Nah untuk yang mau hemat, pilihlah transportasi kereta, ini karena PT. KAI masih memberikan kereta subsidi untuk perjalanan jarak jauh jadi membuat ongkos perjalanan lebih murah.

Perjalanan dari Stasiun Senen Jakarta hingga Stasiun Lempuyangan Jogja, Anda hanya perlu membayar Rp 50.000 saja untuk kereta ekonomi. Soal kenyamanan, tenang saja kereta ekonomi yang sekarang sudah dilengkapi fasilitas AC, colokan listrik, dan toilet yang bersih.

2. Penginapan

Soal menginap selama di Jogja, banyak penginapan murah yang ditawarkan di kota pelajar ini. Penginapan yang ditawarkan mulai dari harga Rp 70.000 hingga Rp 200.000 per malam, hal ini tergantung dari penginapan yang dipilih ada berupa kamar di sebuah homestay hingga hotel. Penginapan yang murah bisa Anda temukan di sekitar Jalan Sostrowijayan.

3. Sewa Mobil dan Keliling Jogja

Sebaiknya pergi ke Jogja lebih baik dalam rombongan karena akan lebih menghemat pengeluaran. Untuk mengelilingi Jogja tidak cukup satu hari karena di kota ini banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Sebaiknya sewa mobil jika perginya rombongan, karena angkutan umum di kota ini terbilang jarang dibanding angkutan umum yang ada di Jakarta atau Bogor.

Harga sewa mobil untuk keliling Jogja seharian mulai dari Rp 300.000 hingga Rp 500.000 per hari sudah termasuk bensin dan supir lho..

Untuk berkeliling Jogja, sebaiknya kunjungi yang terjauh terlebih dahulu. Bisa dimulai dari Candi Borobudur (harga tiket masuknya Rp 30.000/orang), Goa Pindul (harga tiket masuknya Rp 40.000), kawasan pantai seperti Pantai Indrayanti, Pantai Parangtritis, Pantai Jogan, dan lain-lain.

Setelah berkunjung ke tempat yang jauh, selanjutnya bisa berkeliling di sekitaran Malioboro, seperti Taman Pintar, Keraton Jogjakarta, Alun-alun , Benteng Vrederburg, Wisata Batik, Candi Prambanan (Harga tiket masuknya Rp 25.000/orang), malioboro, pusat oleh-oleh, dan lain-lain.(dea)