Beberapa hari ini sedang ramai diberitakan mengenai jatuhnya pesawat MH17 milik Malaysia Airlines akibat ditembak oleh pemberontak pro-Rusia di perbatasan Ukraina. Selain pesawat tersebut, ternyata sebelumnya juga pernah ada kasus penembakan pesawat komersil hingga jatuh. Berikut adalah 5 pesawat komersil yang ditembak jatuh, dilansir dari blog Indocropcircles, Minggu (20/7/2014).

1. El Al nomor penerbangan 402 (1955)

El Al 402
El Al 402

Saat terbang di antara Wina dan Istanbul dalam perjalanan ke Israel, pesawat ini tersesat ke wilayah udara Bulgaria, negara Blok Timur di kala itu. Maka perintah tembak jatuh dikeluarkan oleh Bulgaria dengan menggunakan dua jet tempur MiG-15  milik Bulgaria dan jatuh di dekat Petrich, Bulgaria. Insiden ini menewaskan 58 penumpang yang terdiri dari 7 awak dan 51 penumpang. Bulgaria kemudian mengeluarkan permintaan maaf resmi, dan mengatakan pilot telah “terlalu terburu-buru.”

2.Libyan Airlines nomor penerbangan 114 (1973)

Libyan Arab Airlines
Libyan Arab Airlines 114

Pesawat jenis Boeing 727 dari Kairo ini tampaknya bingung oleh cuaca buruk dan menyeberang ke wilayah udara Sinai yang dinyatakan sebagai zona perang, sehingga pesawat tersebut ditembak jatuh oleh pesawat tempur F-4 Tiger milik Angkatan Udara Israel di Semenanjung Sinai setelah sebelumnya diberikan peringatan. Insiden tersebut menewaskan 108 penumpang dan 5 orang terluka dari total 113 orang yang berada di dalamnya.

3. Korean Air Lines nomor penerbangan 007 (1983)

Korean Airlines
Korean Air Lines 007

Pesawat Boeing 747 yang menuju Seoul, Korea Selatan dari New York City, Amerika Serikat ini ditembak jatuh oleh pesawat Uni Soviet karena pesawat tersebut terbang di atas pangkalan militer Uni Soviet dan kemudian jatuh di Laut Okhatsk, Uni Soviet, pada 1 September 1983. Kecelakaan ini menewaskan seluruh penumpang yang berjumlah 269 orang termasuk seorang anggota Kongres Amerika Serikat, Lawrence McDonald.

4. Iran Air nomor penerbangan 655 (1988)

Iran Air
Iran Air IR655

Di tengah perang Iran-Irak dan dengan ketegangan tinggi antara AS dan Iran, Angkatan Laut Amerika Serikat mengira pesawat penumpang Iran Air, yaitu sebuah pesawat jenis Airbus 300, adalah jet tempur musuh. Setelah mengeluarkan beberapa peringatan dan diabaikan, maka pesawat ini ditembak dengan rudal dan hancur pada ketinggian 7.500 kaki di atas Lurus Hormuz. Semua penumpang dan awaknya yang berjumlah 290 orang termasuk 38 warga negara asing asal Uni Emirat Arab, India, Pakistan, Italia, dan Yugoslavia, 16 krew serta 66 anak-anak, tewas.

5. Siberian Airlines nomor penerbangan 1812 (2001)

Siberia Airlines
Siberian Airlines 1812

Pesawat ini sedang terbang dengan ketinggian sekitar 35 ribu kaki di atas Laut Hitam, dalam perjalanan ke Rusia dari Israel, ketika dihantam rudal dari Ukraina. Insiden ini menewaskan seluruh penumpangnya yang berjumlah 66 penumpang dan 12 awak pesawat. Di antara korban jiwa, selain warga Israel dan Rusia, tercatat pula penumpang berkewarganegaraan Turki, Amerika Serikat, dan Jerman. (tom)