Pemandangan kebun teh di Indonesia mungkin tak asing lagi bagi masyarakat di Indonesia. Kebun teh banyak kita lihat selama melakukan perjalanan panjang ke suatu daerah atau ke tempat wisata. Bogor salah satunya memiliki wilayah kebun teh yang cukup luas.

Namun tahukah Anda, tak hanya Indonesia, Malaysia juga memiliki kebun teh yang katanya sebagai yang terluas di Asia Tenggara. BOH Tea Plantations yang terletak di Cameron Highlands, Malaysia memiliki wilayah kebuh teh seluas 3.200 hektar! Kebayang kan luasnya?

Dikutip dari Detik Travel, kebun teh ini ditemukan oleh seorang saudagar dari Inggris yang datang pada masa kolonial di Malaysia pada tahun 1929. Saudagar tersebut bernama JA Russel. Saat itu Russel yakin bisnis kebun teh akan sukses besar pada saat Great Depression yang melanda negara-negara di dunia.

BOH Tea Plantations terbagi ke dalam tiga kawasan yakni Habu, Fairlie Tea Garden, dan Sungai Palas Tea Garden. Anda bisa menikmati pemandangan kebun teh sambil meminum segelas teh hangat di kedai-kedai teh cantik yang tersedia, selain itu Anda juga bisa membeli berbagai jenis teh premium.

Anda juga bisa mengetahui proses pembuatan teh hitam khas Malaysia di Sungai Palas Tea Centre. Pabrik ini mulai beroperasi pukul 09.00 dan tutup pada 16.30 waktu setempat kecuali hari Senin. Tur pabrik teh ini terbatas, hanya dilakukan selama 30 menit sekali.

Untuk Anda yang ingin mengunjungi kebun teh terluas ini, jika mengambil jalan menuju Gunung Brinchang, jalan ke Cameron Highlands terdapat di dekat Ee Feng Gu Honey Bee Farm di Brinchang. Namun jika Anda dari jalan raya Cameron Highlands, Anda bisa mencari jalan bercabang yang terdapat papan besar bertuliskan “BOH” yang sangat terlihat jelas dari jalan.