Bebas dari hutang
Freedom Image from Google

Siapa sih yang mau hidup dikerjar-kejar penagih hutang? Nggak ada yang mau kan? Jaman sekarang memang banyak orang yang hidupnya dililit hutang. Bahkan negara adidaya macam Amerika itu aja banyak kok yang penduduknya dililit hutang. Hutang macam apa sih yang banyak melilit masyarakat Amerika itu? Tentu saja jawabannya adalah hutang yang diakibatkan oleh pemakaian kartu kredit secara berlebihan sehingga mereka nggak sanggup lagi buat bayar cicilan tiap bulan.

Lalu, bagaimana dengan di Indonesia? Pastinya banyak banget nih orang yang berhutang di sana-sini. Atau mungkin kamu salah satunya? Jangan khawatir! Kamu nggak sendiri kok.Banyak banget orang yang mengeluh pusing karena mikirin banyak hutang yang nggak juga bisa dibayar. Semua orang pasti pengen hidup bebas tanpa perlu lagi mikirin tentang hutang. Ini bisa jadi nyata kalo kamu ada usaha. Yah.. semua orang tau kalo bicara sih emang gampang tapi prakteknya yang susah. Nah, kalo kamu mikir kayak gitu kamu nggak bakalan maju. Coba deh kamu cari jalan keluar dari lingkaran hutang ini.

Ada dua macam hutang yang bisa kamu temui setiap hari yaitu tipe baik dan buruk. Kalo kamu pengen hidup lebih baik, kamu bisa coba cari tahu lebih dulu tipe hutang kamu.

Tipe baik adalah hutang yang bersifat menguntungkan seperti hutang yang bisa menambah asset kamu. Contoh hutang tipe ini adalah hutang membeli rumah yang kamu beli dengan cicilan. Bayangin aja berapa banyak keuntungan yang kamu dapetin dimasa depan. Nilai tanah selalu bertambah dan pastinya ini bentuk aset yang sangat prospektif.

Hutang tipe buruk adalah hutang yang bersifat konsumtif. Hutang ini contohnya adalah penggunaan kartu kredit secara berlebihan. Kalau kamu nggak bisa mengontrol pengeluaran kamu, semestinya kamu nggak pake kartu kredit. Kartu kredit hanya cocok buat orang yang bisa menggunakannya dengan bijak. Jadi, buat kamu-kamu yang boros, jangan sampe kejerumus dengan kartu kredit yah! Nggeseknya emang asik tapi bayar tagihannya bisa bikin kamu pusing loh.. atau malah kamu bakalan bangkrut karena nggak bisa bayar tagihan kartu kredit. Eittt,,, jangan ketawa dulu! Ini banyak terjadi lohh. Kebnayakan orang â??terlenaâ?? dengan enaknya menggesek kartu kredit. Mudah, praktis, and bergengsi. Tapi apanya yang gengsi kalau punya kartu kredit tapi nggak bisa bayar bulanannya?? Buang jaoh-jaoh deh itu gengsi. Coba bawa duit secukupnya kalau mau belanja. Ini adalah salah satu cara untuk membatasi pengeluaran kamu.

Hampir semua orang pasti punya hutang dan dengan adanya kartu kredit, semua ornag bisa berhutang untuk saat ini tanpa memperdulikan apakah mereka sanggup melunasi apa enggak. Yahh, ini lah resiko dari perkembangan jaman. Tinggal gesek, semua bisa dibeli. Kartu kredit bisa menyebabkan orang masuk lingkaran setan karena orang yang make kartu kredit bakalan sulit untuk lepas dari ketergantungan menggesek kartu kredit. Udah kaya kecanduan kokain aja nihâ?¦

Kalo nggak percaya, coba deh liat orang-orang di antrian pembayaran supermarket, toko-toko elektronik, butik, dan pusat-pusat perbelanjaan yang lain. Pasti deh banyak orang yang suka menggesek kartu kreditnya. Kartu kredit ini memang banyak banget manfaatnya tapi juga bisa menjadi anak panah yang berbalik arah buat menghancurkan perekonomian kamu. Bahaya banget tuh kalo sampe terlena dengan hutang semacam ini. Mendingan kamu infestasi aja deh buat beli rumah atau tanah. Itu jauh lebih bermanfaat ketimbang hura-hura dengan uang yang kamu â??pinjamâ?? dengan menggesek kartu kredit.

Credit Card
Credit Card image from google

Cobalah untuk nggak tergiur dengan tawaran- tawaran yang ada di media. Banyak banget loh pihak-pihak yang nawarin buat beli barang sekarang juga tanpa perlu bayar sekarang. Sekarang juga banyak banget yang menawarkan pembelian barang seperti motor tanpa uang muka. Nah lo! Menggiurkan bukan?

Banyaknya dorongan untuk membeli barang secara kredit ini bukan mustahil untuk dihindari. Kamu mesti sabar dalam menghadapi godaan-godaan macam ini. Biarpun banyak iklan yang menawarkan hutang yang bagus buat masa depan kamu. Tapi sebenarnya tidak ada hutang yang bagus kecuali hutang untuk investasi yang bakalan naik terus nilainya.

Kamu harus betul-betul teliti dalam membedakan hutang yang hanya akan membuat kamu terjerumus dan hutang yang bisa membuat kamu hidup lebih baik.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada juga yang disebut dengan hutang yang baik. Mungkin ada beberapa diantara kamu yang nggak setuju dengan hal ini. Tapi bagi banyak orang, hutang yang baik ini justru sangat membantu buat mengembangkan usaha. Kamu bisa saja berbisnis tanah dan membangun ruko di tanah itu kemudian kamu sewakan pada orang-orang yang mau berjualan di ruko. Ini bisnis yang sangat menguntungkan loh! Kamu bisa meminjam dana untuk pembelian sebanyak mungkin tanah di area yang menguntungkan. Sehingga, hutang kamu bisa dilunasi dengan uang yang kamu dapatkan dari ruko-ruko yang kamu sewakan.

Hutang
Hutang image from Google

Apa ini mungkin? Tentu saja mungkin kalo kamu berani melakukan inovasi. Daripada kamu berhutang yang nggak ada untungnya sama sekali. Mendingan kamu coba berinvestasi. Investasi itu bisa macam-macam loh. Nggak cuman investasi tanah. Coba kamu cari tau apa sih yang bisa dijadikan investasi di lingkungan kamu?

Mulailah membuat suatu resolusi untuk merubah hidup kamu. Roda perekonomuian harus selalu bergerak kan? Nggak mungkin kamu selamanya menjadi bawahan. Cobalah membuat komitmen untuk maju dan mendapatkan hidup yang lebih baik.