Jembatan merupakan struktur penghubung yang dibuat untuk menyeberangi jurang atau rintangan seperti sungai, rel, atau jalan raya. Umumunya jembatan berbentuk lintasan panjang dari satu daerah ke daerah lain tanpa terputus dan bisa dilewati oleh pejalan kaki atau kendaraan. Namun bagaimana jadinya jika bagian tengah jembatan dibelah oleh aliran air?

JemVeluwemeer adalah jembatan underpass yang terbelah oleh aliran air laut. Jika dilihat dari atas, jembatan ini akan menipu penglihatan karena akan terlihat seperti jembatan yang terbelah dua padahal sebenarnya ini adalah underpass.

Jembatan yang mulai beroperasi pada tahun 2002 ini terletak di jalan N302, dekat kota Handerwijk, Belanda Timur. Jembatan ini menghubungkan daratan Belanda ke Flevoland.

Valuwemeer ini memiliki panjang sekitar 25 meter (80 kaki) dan lebar 19 meter. Kedalaman air yang membelah jembatan ini mencapai 3 meter, kapal kecil bisa melewati bagian tengah jembatan yang berisi air ini. Tercatat sebanyak 28.000 kendaraan melintasi bagian bawah jembatan Valuwemeer setiap harinya.

Adapun Flevoland yang menjadi wilayah yang dituju melalui jembatan Valuwemeer adalah sebuah provinsi yang terletak di pusat negara Belanda, di lokasi bekas Zulderzee. Transportasi utama yang ada di Flevoland adalah kereta. Provinsi ini didirikan pada 1 Januari 1986 sebagai provinsi kedua belas. Flevoland memiliki sebanyak 370.000 penduduk dengan luas wilayah 1.419 kilometer persegi.

Flevoland memiliki enam kota yakni Almere, Dronten, Lelystad, Noordostpolder, Urk, dan Zeewolde.Banyak yang datang ke Flevoland untu,  berlibur mulai dari berkemah, bermain golf, main paintball, dan banyak kegiatan outdoor lainnya yang bisa Anda lakukan disini. Flevoland terkenal dengan kegiatan berkemahnya, setiap tahunnya selalu diselenggarakan festival A Campingflight to Lowlands Paradise, yakni sebuah festival musik dan penampilan seni selama tiga hari