Tak terasa sebulan sudah kita menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan dan memasuki hari kemenangan yakni hari Idul Fitri. Hari raya Idul Fitri merupakan hari yang membahagiakan bagi seluruh umat muslim di dunia, karena di hari ini merupakan hari kemenangan setelah selama sebulan berpuasa menahan seluruh hawa nafsu.

Setiap negara memiliki tradisi unik untuk menyambut datangnya hari lebaran. Dikutip dari tempo.co Minggu, 27/7/2014) berikut ini beberapa tradisi unik lebaran di beberapa negara di dunia.

1. Australia

Di negeri kanguru yang walaupun mayoritas penduduknya bukan Islam namun negara ini memberikan kebebasan bagi setiap penduduknya untuk mempraktekan agamanya masing-masing. Wilayah yang penduduknya kebanyakan muslim diperbolehkan menggunakan jalanan umum untuk melaksanakan salat Id. Tak hanya itu, perusahaan pun memberikan tolerir libur untuk karyawannya yang muslim di hari lebaran.

2. Arab Saudi

Peryaan lebaran di Arab penuh dengan pergelaran kesenian seperti teater, parade, baca puisi, dan pertunjukan musik. Rumah-rumah pun di dekor semenarik mungkin di hari kemenangan. Untuk makanan khas lebarannya, warga Arab memasak daging domba yang dicampur nasi dan sayur.

3. Turki

Warga Turki merayakan lebaran dengan saling menghantarkan manisan. Lebaran di Turki disebut dengan Festival Gula atau Seker Bayram. Mirip di Indonesia, nantinya akan ada orang-orang yang datang ke rumah terutama anak-anak kecil yang salam pda orang tua kemudian sebagai imbalan akan diberikan koin, permen, atau manisan.

4. Cina

Warga muslim di Cina merayakan tradisi lebaran dengan mengunjungi makam para leluhur. Di sana mereka memanjatkan doa dan membersihkan makam, hal ini dilakukan untuk menghormati ratusan ribu warga muslim yang tewas selama Dinasti Qing dan Revolusi Kebudayaan. Hari lebaran di Cina diperingati sebagai hari libur