Pernah nyobain terapi tawa ngga?? Terapi tawa ini terbukti sangat bermanfaat dalam menunda penuaan loh! Buat kamu yang nggak pengen cepet tua? Terapi ini bisa dijadikan pilihan.

Terapi tawa telah terbukti membantu mempercepat penyembuhan, memberikan kebahagiaan, dan juga meningkatkan kekebalan tubuh. Kamu nggak perlu terapi yang aneh-aneh buat dapetin kualitas hidup yang lebih baik. Cukup dengan terapi tawa hidup kamu bakalan lebih menyenangkan dan kamu juga bisa hidup dengan lebih sehat.

Ada banyak banget manfaat dari terapi ini. Contohnya nih:

  1. Menurunkan hormon yang memicu stress. Bersamaan dengan penurunan hormon yang memicu stress, hormon-hormon lain yang menguntungkan bagi tubuh akan meningkat. Cukup dengan tertwa saja, tubuh kamu bisa memproduksi lebih nayak antibodi yang membantu mencegah berbagai macam penyakit menjangkiti tubuh kamu. Pastinya kamu juga nggak bakalan stress kalo ngejalanin terapi ini.
  2. Melatih organ dalam tubuh. Dengan tertawa, kamu bisa ngerasain kalo organ dalam tubuh kamu bergetar. Ini sangat bagus karena ada kontraksi dari beberapa bagian tubuh kamu yang bisa membuat otot-otot dalam tubuh menjadi rileks.
  3. Dengan tertawa kamu juga bisa berlatih buat melepaskan emosi kamu dengan baik. Dengan terapi ini, kamu bakal tau kapan kamu harus menangis dan kapan kamu harus tertawa. Buat kamu yang susah banget menunjukkan perubahan emosi atau mengontrol emosi kamu, terapi ini bakalan cocok banget buat kamu. Emosi kamu bisa diatur sehingga kamu bisa menangis pada saat yang tepat dan tertawa pada saat yang tepat juga. Coba bayangin kalo kamu tersenyum pada saat pemakaman seseorang hanya karena kamu nggak biasa buat menunjukkan perasaan sedih atau bahkan menangis!
  4. Kamu bisa jadi orang yang lebih sabar kalo kamu ikut terapi ini karena terapi ini sangat bermanfaat buat kamu yang pengen meredam emosi yang bersifat negatif seperti amarah, rasa bersalah, stress, dan banyak lagi yang lainnya.
  5. Cukup dengan tertwa atau tersenyum saja kamu bisa nambah banyak temen. Ini sangat bagus buat kamu-kamu yang nggak punya banyak temen dan ngereaasa minder di depan orang lain. Tertwa itu sifatnya menular. Bagaimana bisa? Tentu saja bisa. Ini sudah terbukti dalam berbagai penelitian. Saat seseorang tertawa, yang lain pasti penasaran dan ingin tahu apa yang ditertawakan. Secara tidak sadar, orang yang sebenarnya tidak tahu-menahu tentang apa yang ditertawakan pun bakalan ikut tertawa.
  6. Penelitian membuktikan kalo rasa takut bisa dihilangkan hanya dengan sedikit humor. Orang yang mereasa dirinya ketakutan atau merasa terancam bisa menghilangkan stressnya jika ada yang mengajaknya bercanda. Jadi, kalo temen kamu ngerasa ketakutan, was-was, tegang, dan lain-lain, kamu bisa menghibur dia dan mencairkan suasana dengan mengajak dia bercanda. Coba hibur dia biar dia lupa dengan perasaan-perasaan nggak enak itu.

Masih belum percaya manfaat-manfaat dari terapi tawa? Coba deh kamu coba hidup lebih baik dengan cara bercanda dengan temen-temen kamu, nonton TV bareng keluarga, dll. Hidup bakalan lebih menyenagkan kalo kamu bisa nikmatin hidup tanpa perlu mikirin beban seacra berlebihan. Kamu bisa jalan-jalan bareng temen-temen kamu, bersantai bareng keluarga, liburan, dan ngelakuin kegiatan menyenangkan laennya. Sering-seringin deh buat bercandaan bareng orang-orang disekitar kamu karena itu bsia membantu kamu ngelupain semua masalah-masalah kamu.

Orang sedang Stress
Orang sedang Stress image from google

Hidup kamu bakalan lebih indah dan tentunya kesehatan kamu juga bakalan membaik. Seperti yang sudah disebutkan di 6 poin tadi. Tertawa bisa bikin sehat, gak cepat stress, gak cepat tua, dan banyak lagi yang laennya.

Kamu bisa mengawali hari dengan bercanda bareng keluarga, tersenyum kalo ketemu orang, dan lain-lain yang bisa membuat hari kamu lebih cerah. Ini adalah salah satu cara buat meningkatkan kualitas hidup kamu dari hari ke hari.

Kalo kamu udah menikah, kamu bisa membuat pernikahan kamu lebih bahagia dengan sering-sering bercanda dengan pasangan kamu. Cobalah untuk sensitif dengan hal-hal yang bersifat lucu. Kalo kamu udah punya keluarga lengkap, kamu bisa ajakin seluruh anggota keluarga buat berbagi pengalaman menyenangkan tiap makan malam. Pengalaman-pengalaman yang lucu, unik, dan menarik pasti bisa bikin semua anggota keluarga tertawa bareng.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakuin, contohnya; nonton film komedi dari jaman lawas, bikin kostum lucu buat kamu dan pasangan kamu ataupun temen kamu, mengingat-ingat lagi kejadian-kejadian lucu yang pernah terjadi. Nonton film komedi dari jaman jadul pasti bisa bikin kamu ngakak apalagi kalo nonton bareng temen, sodara, ato pasangan kamu. Kamu bisa ketawa ngeliat kelakuan orang-orang jaman jadul, baju mereka, dandanan mereka, dan banyak lagi yang laen. Hal-hal kecil seperti itu bisa bikin kamu dan semua orang di sekitar kamu merasa hidup serasa lebih indah dan mudah buat dijalanin.

Kalo kamu bisa ngelakuin semua hal-hal diatas, kamu bisa dapetin kualitas hidup yang jauh lebih baik. Kamu bisa mengurangi stress, dapet banyak temen, dan hidup lebih sehat lagi. Kamu juga nggak bakalan cepet tua dan keriputan karena otot-otot wajah kamu nggak bakalan cepet kendor karena usia.

Buat kamu-kamu yang nggak pengen cepet tua, cobain deh terapi ini. Kamu nggak perlu bayar mahal buat terapi semacam ini karena kamu bisa ngelakuin ini sendiri. Kamu juga nggak perlu buang-buang duit cuman buat beli krim pelambat penuaan dini kalo kamu bisa tetap muda tanpa keluar duit sama sekali. Gampang bukan?