Ada bermacam cara untuk menjaga kesehatan jantung, bisa dengan mengurangi makanan berlemak dan berkadar gula tinggi, rajin berolahraga, maupun berhenti merokok.

Namun selain tiga hal di atas, ternyata ada cara lain yang bisa membuat jantung Anda tetap sehat. Mengkonsumsi cokelat diklaim dapat menyehatkan jantung seseorang.

Associate Professor Davod Cameron-Smith menuturkan, beberapa produk yang terbuat dari cokelat memberi pengaruh positif yang cukup signifikan terhadap tekanan darah jika dikonsumsi dengan jumlah yang tepat.

“Biji cokelat yang belum diproses kaya akan antioksidan yang disebut polifenol. Dalam beberapa jam setelah mengonsumsi cokelat, tekanan darah Anda bisa menurun dan berlangsung selama tiga hingga enam jam,” ungkap David, seperti dikutip dari ABC Australia, Sabtu (2/8/2014)

David menambahkan, untuk mendapatkan manfaat kesehatan, seseorang tak perlu berlebihan dalam memakan cokelat. Dalam 50 gram dark chocolate atau bubuk cokelat berkualitas sudah mengandung cukup polifenol untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Terkait hal ini, peneliti dari University of Pennsylvania membandingkan efek dari makan cokelat bagi kesehatan jantung pada lebih dari 1.200 perempuan usia lanjut.

Pengkonsumsi cokelat kemudian dibagi menjadi tiga kelompok: kurang dari satu porsi per minggu, antara satu sampai enam porsi per minggu, dan tujuh atau lebih porsi per minggu atau coklat dimakan setiap hari. Satu porsi cokelat didefinisikan sebagai berat antara 25 sampai 50 gram dan mengandung kakao dengan berat antara 5% sampai 15%.

Alhasil, para peneliti menemukan adanya kejadian aterosklerosis terkait dengan orang-orang yang makan coklat lebih tinggi pada mereka yang makan cokelat hanya seminggu sekali dan lebih rendah pada orang-orang yang makan cokelat tujuh kali atau lebih per minggu

Jadi, Anda sebaiknya memakan cokelat sebanyak 50 gram sehari atau tiga keping cokelat berukuran kubus. (nha)