Siapa yang tak menginginkan berumur panjang? Tentunya, setiap orang di dunia ini ingin memiliki umur panjang hingga ratusan tahun. Namun, umur merupakan rahasia Ilahi yang tak ada seorangpun yang mengetahuinya.

Meski begitu, tak sedikit orang yang melakukan segala cara agar berusia panjang, misalnya menjaga kesehatan. Kali ini, kita akan membahas salah satu kiat yang diklaim bisa memperpanjang usia seseorang.

Cara yang dimaksud dalam penjelasan di atas adalah tidur. Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa seseorang yang berumur panjang dan mempunyai risiko kematian terendah adalah mereka yang hanya tidur 7 jam setiap hari. Sedangkan risiko kematian akan meningkat jika tidur lebih dari 8 jam.

Dilansir DailyMail.co.uk, Minggu (3/8/2014), menurut pada ahli kesehatan, terlalu banyak tidur akan berdampak buruk pada kesehatan seseorang. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa tidur 7 jam ternyata lebih bermanfaat dibandingkan tidur 8 jam.

“Angka kematian terendah dan morbiditas terendah ada pada mereka yang tidur 7 jam.¬†Sementara tidur delapan jam atau lebih secara konsisten, terbukti berbahaya,” ujar Shawn Youngstedt, selaku profesor di Arizona State University Phoenix.

Penelitian ini mengatakan, jumlah jam tidur terbaik adalah 7,2 jam setiap malam. Untuk mendapatkan kesehatan yang optimal, seseorang diwajibkan tidur tepat waktu dan mendapat jumlah jam tidur yang cukup.

Sebaiknya, seseorang juga harus menghindari kegiatan begadang setiap malam. Pasalnya, jika Anda memaksakan begadang untuk hal yang tidak berkepentingan, itu sama aja Anda membiarkan kesehatan Anda berada dalam kondisi terburuk.

Kemudian, hindarilah aktivitas di malam hari yang menyita energi Anda. Jadi, mulai sekarang belajarlah untuk tidur dengan waktu yang cukup. Sehingga, Anda tidak mudah lelah dan terbangun dalam keadaan yang segar dan bugar.