Ini Lho Alasan Wanita Sulit Menahan Pipis

Ini Lho Alasan Wanita Sulit Menahan Pipis

Semua orang pasti tidak suka jika harus mengantri didepan toilet ketika keinginan buang air sudah tidak tertahankan. Namun jika membandingkan pria dan wanita, siapakah diantara mereka yang lebih sulit menahan hasrat untuk buang hajat?

Menurut praktisi hidup sehat, dr Ryan Thamrin sebenarnya baik pria dan wanita memiliki jumlah urine yang sama. Hanya saja wanita lebih susah untuk menahan keinginan buang air kecil karena wanita memiliki rahim, sementara pria tidak. Karena keberadaan rahim ini, saat wanita ingin buang air biasanya ada gerakan menekan dari rahim. Hasrat tersebut semakin tidak tertahankan ketika wanita dalam keadaan hamil atau menstruasi.

Hal tersebut karena ureter yang merupakan saluran urin dari ginjal menuju kandung kemih berjalan menelusuri otot dasar panggul. Ketika wanita sedang hamil otot panggul menjadi lemah sehingga wanita hamil sulit menahan keinginan buang air kecil.  Ketika wanita sedang melahirkan, otot panggul akan menjadi semakin lemah.

Sementara itu, pada pria proses air kencing ditahan oleh prostat dan otot polos sehingga lebih banyak otot yang membantu priia menahan hasratnya untuk buang air. Namun, bukan berarti setiap pria bisa dengan  mudah menahan hasrat tersebut. Bagi pria yang memiliki gangguan saraf seperti stroke, saraf akan terganggu dan bisa menyebabkan air seni keluar tanpa kendali alias mengompol. (detik/eby)

Apa Komentarmu?