Saat haus melanda, pastinya Anda akan memerlukan minuman untuk menghilangkan dahaga. Es menjadi salah satu minuman yang cocok untuk menyegarkan tenggorokan.

Es memiliki berbagai varian di antaranya es krim, es potong, maupun es serut. Namun, kali ini kita akan membahas tentang es serut. Dalam membuatnya, sangat dibutuhkan mesin es serut yang biasa disebut dengan nama Ice Crusher.

Saat ini, es serut telah tersedia di penjuru dunia. Es serut termasuk camilan ringan yang mudah ditemukan di restoran, cafe, maupun kedai. Tetapi, Jepang rupanya menghadirkan es serut yang tergolong unik. Natto adalah nama es serut khas negeri Jepang.

Sebenarnya, Natto adalah hasil fermentasi kacang kedelai yang melibatkan bakteri bacillus subtilis. Seperti dikutip dari Rocket News 24, Senin (4/8/20104), tak sedikit orang yang menilai bahwa natto merupakan makanan menjijikkan karena konsistensinya yang lengket, sehingga kacang kedelai saling menempel.

Secara tradisional natto biasa disantap bersama nasi panas atau ramen, saat ini natto juga banyak digunakan sebagai topping saat menyantap es krim. Meski begitu, natto begitu digemari penduduk Jepang. Salah satu kedai yang menjual es serut rasa natto yakni Sekka. Sekka adalah kedai es serut yang terletak di Kyoto. Kedai ini memang populer akan kreasi topping es serut yang unik. Selain natto, ada pula es serut blueberry dan keju serta ubi manis.

Di kedai ini, es serut natto juga dicampurkan dengan sedikit percikan whiskey. Anda harus merogoh kocok sebesar 800 yen atau sekitar Rp92 ribu. Es serut natto bercita rasa gurih, namun banyak pengunjung yang menyebut bahwa rasa es serut natto mirip dengan kayu manis.

Bagaimana? Tertarikkah Anda mencoba es serut natto ini? (nha)