VIDEO: Ini Penampakan Gua Paling Besar di Dunia

Alam memang seakan tak ada hentinya menampilkan sesuatu yang membuat orang berdecak kagum. Soon Doong adalah sebuah gua yang digadang-gadang menjadi gua paling besar di dunia.

Dilansir Merdeka, Senin (4/8/2014), Soon Doong berada persis di provinsi Quang Binh, Vietnam, dekat dengan perbatasan antara Vietnam dan Laos. Gua ini pertama kali ditemukan oleh salah satu masyarakat lokal, Ho Khanh pada tahun 1991.

Namun, di tahun 2009, Soon Doong menjadi objek observasi oleh sekelompok peneliti gua dari Inggris. Penelitian ini dipimpin oleh Howard Limbert. Dari observasi itu, ditemukan hasil bahwa Soon Doong merupakan tipe gua kapur yang terbentuk sekitar 2 juta hingga 5 juta tahun yang lalu.

Air sungai yang melalui formasi batu kapur di daerah itu perlahan-lahan mengikis kapur yang rentan erosi di bawah gunung mana batu kapur yang lemah. Seiring berjalannya waktu, pengikisan itu mengakibatkan langit-langit kapur runtuh dan terciptalah gua raksasa.

Gua ini mempunyai panjang sekitar 5 kilometer, tinggi 200 meter, dan lebar 150 meter. Saking besarnya, Soon Doong dapat memuat sebuah gedung pencakar langit dengan 40 lantai di dalamnya. Wow, fantastis bukan!

Dalam gua ini terdapat pesona keindahan yang tersembunyi. Pengunjung dapat melihat hutan lebat yang diliputi kabut tipis. Ada pula kolam jernih dengan air berwarna kehijauan.

Sekedar informasi, di tempat ini ditemui sejumlah mutiara gua. Mutiara gua ini terbuat dari garam kalsium yang menggumpal dan mengalami pengikisan. Sehingga, kondisi tersebut membentuk batu-batu bulat berwarna cokelat.

Meski terlihat sangat mengagumkan, Soon Doong masih jarang didatangi oleh wisatawan. Pasalnya, kondisi infrastruktur area sekitar gua yang masih belum memadai.

Wah, sangat disayangkan ya. Tapi, semoga saja kedepannya Soon Doong dapat didatangi oleh wisatawan yang penasaran akan kemegahan gua tersebut. (nha)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...