Pastinya, setiap orang kerap mengalami stres saat sedang punya masalah atau disibukkan dengan segudang pekerjaan. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi stres seperti pergi berjalan-jalan dengan sahabat, berbelanja, dan lain sebagainya.

Namun, di antara cara tersebut, ada cara yang diklaim paling ampuh dalam mengatasi stres. Bernyanyi dinilai sebagai obat paling ampuh untuk menghilangkan stres pada seseorang.  Bernyanyi memang merupakan kegiatan yang menyenangkan dan menghibur.

Menurut penelitian Graham Welch, seorang Profesor dari sekolah musik di Institut Pendidikan, Universitas London, Inggris, bernyanyi dianggap sebagai kegiatan yang sangat menyehatkan.

Saat bernyanyi, hormon endorfin dalam tubuh akan meningkat. Hormon ini bekerja untuk memberikan perasaan nyaman. Bernyanyi juga dapat meningkatkan kualitas hidup, dapat menjadi jalan untuk menemukan kegembiraan atau menghibur diri seseorang. Selain itu, menyanyi pun dinilai bisa memberi efek anti-depresi.

Dengan bernyanyi, seseorang dapat mengungkapkan segala isi hatinya melalui lagu yang dilantunkan. Dalam memilih jenis musik yang diinginkan. Anda bisa menyesuaikan genre musik dengan keadaan pikiran dan hati Anda.

Sehingga, perasaan pun akan menjadi lebih plong. Alhasil, stres pun akan hilang dengan sendirinya. Selain bisa meredakan stres, bernyanyi juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan emosional dan fisik. Bernyanyi dapat dilakukan oleh semua orang kapan dan dimana saja. Bahkan, bernyanyi setiap hari dapat membuat hidup sehat dan bahagia.

Seperti dikutip dari lifehack.org, berikut ini berbagai manfaat kebiasaan menyanyi setiap hari.

  1. Melatih paru-paru dan memperkuat diafragma
  2. Memperbaiki masalah tidur
  3. Memberikan efek rileks pada otot sekitar wajah
  4. Memperbaiki postur tubuh
  5. Membuka jalan pernafasan
  6. Dengan latihan yang baik, dapat menolong mengurangi mendengkur
  7. Melepaskan endorfin
  8. Meningkatkan sistem imun
  9. Meningkatkan kepercayaan diri dan penghargaan diri
  10. Meningkatkan perasaan positif
  11. Mengurangi kemarahan, depresi dan kecemasan
  12. Merangsang kreativitas
  13. Mengatasi rasa kesendirian

Ayo, mulai saat ini jangan malu untuk menyanyi. Ekspresikan diri Anda melalui lirik-lirik lagu. (nha)

(nha)