Kota Bandung seakan tak pernah berhenti menciptakan kuliner yang mampu menggoda lidah. Seorang pria bernama Aston Adiwijaya berhasil membuat inovasi baru di bidang pangan yakni Lapedo.

Lapedo adalah roti dingin mungil dengan cita rasa manis. Lapedo yang memiliki tekstur lembut ini juga dipadukan krim vanilla chantilly di dalamnya. Dilansir Kompas, Rabu (6/8/2014), Aston memperoleh ide membuat Lapedo saat bekerja sebagai chef di Dubai enam tahun lalu.

“Saya sengaja membuat roti dingin untuk memberikan pilihan pada masyarakat yang biasanya menyantap roti dalam keadaan hangat. Ibaratnya memberikan gimmick bagaimana sensasi makan roti dingin, fresh from chiller bukan fresh from the oven,” ujar Aston.

Aston mengaku pemilihan nama Lapedo didapatkan dari perpaduan bahasa Italia dan Sunda yang artinya kue lezat tiada tara. Aston mengklaim Lapedo sebagai cold sweet bun pertama di Bandung, bahkan di dunia.

Adonan roti yang telah diselimuti ekstrak kopi, dibakar sekitar 15 menit setelah adonan mengembang. Setelah dibakar, Aston memasukan krim vanilla chantilly yang terbuat dari campuran chantilly dan pastry cream dengan cara disuntikan ke dalam roti.

Terdapat empat varian rasa Lapedo yang dijual Aston di antaranya original (kopi), green tea (teh hijau), manggo (mangga), dan taro cheese (talas). Aston menuturkan, penyajian Lapedo tergolong mudah yaitu roti cukup didinginkan dalam lemari es dengan suhu 1-5 derajat.

Dalam membuat Lapedo, Aston selalu menggunakan krim non dairy yang bebas lemak. “Saya ingin menjadikan Lapedo ini sebagai oleh-oleh khas Bandung, dengan tema healthy food,” papar Aston.

Jika ingin membeli Lapedo, ada beberapa beberapa pilihan kemasan yang dapat dipilih yakni paket orisinal isi 16 buah roti seharga Rp 40.000. Sedangkan untuk Lapedo tiga varian baru, dikemas dalam satu dus berisi 6 buah roti seharga Rp. 19.000. (nha)