Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan utama yang harus dikonsumsi para bayi. Dalam ASI, bayi akan mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak dan organ tubuhnya. Maka dari itu, seorang ibu yang baru melahirkan anaknya wajib memberikan ASI terhadap anaknya, sebisa mungkin jangan diberikan susu formula.

Melihat ini, membuat orang berpikir untuk membuat kuliner dari ASI. Bahkan di beberapa negara sudah banyak makanan dengan bahan dasar ASI. Dikutip dari Viva Life (Rabu, 6/8/2014), berikut ini lima makanan yang terbuat dari ASI.

1. Es Krim

es krim
es krim

Sabuah kedai es krim bernama Icecreamists membuat inovasi baru dalam pembuatan es krim yakni es krim yang menggunakan ASI sebagai bahan utamanya. Kedai ini berada di Covent Garden, Inggris. ASI yang di apat merupakan ASI sumbangan dari para ibu-ibu di Inggris.

2. Risotto

risotto
risotto

Kuliner lainnya yang memakai bahan dasar ASI adalah risotto. Risotto merupakan makanan khas Italia yang berbahan dasar krim dan susu sapi. Risotto merupakan nasi berbumbu yang diberi topping. Seorang psikolog bernama Dr. Wendy membuat risotto dari ASI dan menyajikannya kepada tamu-tamu yang datang ke rumahnya.

3. Lasagna

lasagna
lasagna

Selain risotto, hidangan Italia lainnya yang memakai bahan dasar ASI dalam pembuatannya adalah Lasagna. Lasagna ASI dibuat oleh seorang wanita bernama Abi Blake yang memproklamirkan dirinya sebagai Nigella Lawson. Selain lasagna, Abi juga membuat smoothie, cake, hingga kue tart.

4. Lolipop

lolipop
lolipop

Lolipop berbahan dasar ASI ini dibuat oleh sebuah perusahaan permen bernama Lolyphile. Mereka mengkreasikan permen lolipop yang dicampur dengan susu sapi. Harga satu permen ini sangat mahal yakni bisa mencapai Rp 500.000 per buah.

5. Keju

keju
keju

Daniel Angerer seorang chef asal New York membuat keju yang terbuat dari ASI istrinya. Resep unik ini Ia tulis dalam blog pribadinya dan mengundang penasaran para netter untuk coba melakukannya juga di rumah.(dea)