Ketika suatu hal terjadi tidak sesuai keinginan atau harapan, biasanya orang akan langsung mengalami panik atau kepanikan. Panik bisa juga datang dari sesuatu yang datang secara tiba-tiba tanpa sepengetahuan kita. Seorang yang memiliki phobia juga mudah terserang gejala panik.

Setiap orang mengalami gejala panik yang berbeda-beda, ada yang gemetaran, timbul keringat dingin, dan lain sebagainya. Tapi tahukah Anda apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh saat sedang mengalami kepanikan? Bagaimana tubuh bereaksi terhadap serangan panik? Dilansir dari Women Health Mag, berikut ini yang terjadi pada tubuh saat tubuh mulai panik.

Detik 0-1

Mata dan tubuh segera mengidentifikasi gejala penyebab kepanikan, atau jika Anda memilki phobia, Anda akan segera memeriksasesuatu yang membuat Anda phobia. Selanjutnya mata dan telinga akan mengirimkan sinyal “ancaman” pada amygdala, yakni bagian otak yang berkaitan dengan rasa takut.

Detik 1-3

Amydala akan memicu prefrontal cortex (yaitu bagian pusat logika otak) dan selanjutnya memberikan sinyal pada kelenjar adrenal untuk memproduksi hormon stres (adrenaline dan cortisol). Tubuh akan mulai berkeringat, namun ini dilakukan agar tubuh tetap dingin. Jantung akan berdetak lebih cepat dan napas akan menjadi lebih berat. Ini dilakukan tubuh dengan otomatis untuk memompa oksigen ke seluruh otot Anda. Kemudian pupil mata akan melebar, yang akan membantu tubuh melihat ancaman semakin jelas.

Detik 5

Tubuh mulai mengeluarkan endorfin yakni pembunuh rasa nyeri yang dapat melindungi tubuh dari serangan fisik. Beberapa orang akan mengalami kenaikan tekanan darah pada detik ini, sehingga kemungkinan pingsan bisa terjadi.

Setelah Beberapa Menit

Ketika tubuh tidak bisa tenang, atau masih panik saat itu juga. Segera tinggalkan tempat atau penyebab yang membuat Anda jadi panik. Ini akan meredakan ketegangan pada prefrontal cortex dan amygdala pun akan berhenti mengirim sinyal “ancaman” pada bagian logika otak sehingga hormon stres tidak diproduksi kembali. Dengan menjauhi penyebabnya, Anda pun akan bisa tenang kembali.