Siapa yang tidak kenal dengan Raja Ampat di Papua? Tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang paling diburu baik oleh wisatawan asing maupun lokal. Keindahan Raja Ampat tak perlu diragukan lagi. Buat para pecinta travelling, Raja Ampat adalah kawasan yang harus dikunjungi setidaknya sekali dalam seumur hidup.

Panorama alamnya dan keindahan bawah laut Raja Ampat sungguh luar biasa. Laut di Raja Ampat merupakan spot yang disukai oleh para penyelam karena menyuguhkan beraneka ragam pemandangan bawah laut yang menakjubkan. tak hanya di laut, daratan Raj Ampat pun begitu eksotis sehingga disukai para pecinta fotografi. Nah bagaimana untuk menuju ke surganya liburan ini? Dikutip dari Detik Travel (Sabtu, 9/8/2014) berikut cara menuju ke Raja Ampat di Papua.

Jika Anda menggunakan pesawat, mendaratlah di bandara DomineEduard Osok di Sorong, jika naik kapal laut berlabuh di Pelabuhan Sorong. Disarankan untuk naik pesawat karena lebih mudah dan hemat waktu.

Setelah sampai di Sorong kemudian menyeberang ke Raja Ampat. Caranya, dengan menggunakan kapal laut. Setiap hari ada jadwal kapal yang berangkat pukul 14.00 WIT. Terdapat dua pilihan kapal yakni kapal penumpang biasa seharga Rp 125.000/orang atau kapal cepat seharga Rp 150.000/orang.

Menggunakan kapal memakan waktu sekitar 3 jam perjalanan menuju Pelabuhan Waisai, Raja Ampat. Setlah sampai di Pelabuhan segeralah mencari penginapan. Penginapan paling murah seharga Rp 250.000/malam atau untuk yang ingin penginapan lebih murah bisa memilih menginap di kapal dengan biaya menginap sebesar Rp 150.000 – Rp 200.000 per malam.

Untuk berkeliling Raja Ampat bisa menyewa pemandu lokal dengan biaya yang berbeda-beda tergantung destinas yang akan dituju. Biasanya pemandu lokal sudah memiliki paket tersendiri dengan harga mulai dari Rp 3 juta hingga Rp 12 juta per paket.

Pengalaman berharga yang akan Anda temukan ketika berkunjung ke Raja Ampat ini tidak akan pernah Anda lupakan seumur hidup.(dea)