Bipolar disorder kini ramai diperbincangkan di dunia maya maupun dalam aktivitas sehari-hari, penyakit ini mengundang penasaran banyak orang setelah artis cantik Marshanda dan almarhum Robin Williams diketahui menderita bipolar disorder. Lantas apakah bipolar disorder itu?

Penyakit bipolar disorder adalah gangguan pada perasaan seseorang akibat memiliki masalah di otak yang ditandai ditandai terjadinya perpindahan (swing) mood, pikiran, dan perubahan perilaku pada seseorang. Penderita mengalami perubahan mood yang dramatis dan mendadak, dari episode manic dan episode depresi selama kurun waktu tertentu. Episode manic ditandai dengan kondisi mood yang sangat meningkat (hipertimik) atau irritable (mudah marah dan tersinggung), sedangkan episode depresi ditandai dengan mood yang sangat menurun (hipotimik). Kemudian ada masa mood normal (eutimik) yang terjadi pada kedua episode mood tersebut/

Contohnya, seseorang yang senang, bahagia, tiba-tiba menjadi marah, merasa terganggu, dan sebagainya. Perubahan dua mood yang terjadi secara berlawanan.

Gangguan bipolar umumnya terbagi menjadi dua yakni Tipe 1 dan 2. Tipe 1 merupakan bipolar kronis yang sering kambuh. Tipe ini sering kambuh melalui perceraian, pertengkaran, atau kehilangan orang yang disayangi. Sedangkan tipe 2 adalah tipe normal, periode kambuhnya lebih ringan dan cepat hilangnya. Terkadang penderita tipe ini tidak terlihat apakah dia mengalami bipolar disorder atau tidak.

Gangguan seperti ini bisa diobati atau ditangani dengan wawancara klinis atau diagnosis khusus dengan psikiater, mengontrol emosi dan mood penderita sangat penting diterapkan. Seorang yang sembuh dari bipolar disorder bisa hidup normal layaknya orang biasa dan dapat meraih prestasi yang membanggakan.

Penderita bipolar juga perlu mendapat kehangatan dan kenyamanan dari orang-orang di sekitarnya. Perlu kesabaran dan optmisme yang tinggi serta dukungan yang kuat dari orang-orang di sekitar penderita sehingga pengobatan dan kesembuhan bisa terwujud.(dea)