Tempat wisata tak harus identik dengan wahana permainan atau pemandangan alam. Sebuah pasar pun bisa menjadi tempat wisata yang menyenangkan dan mendidik jika kita mau mengunjunginya.

Di Solo ada sebuah pasar yang biasa dijadikan sebagai wisata edukasi bagi para pendatang, pasar tersebut bernama Taman Pasar Burung Depok dan Ikan Hias. Tempat ini tak belokasi tak jauh dari Taman Balekambang, Stadion Manahan, Solo.

Pasar Depok ini memiliki beragam jenis burung yang unik dan berbeda-beda, Anda bisa menikmati setiap burung cantik dengan kicauannya yang merdu. Tak hanya itu, Anda juga bisa melihat berbagai reptil dijual di sini. Pada bagian depan pasar terdapat bangunan khusus yang digunakan untuk menjual ikan.

Dikutip dari solopos.com (Kamis, 14/8/2014), pasar ini memang selalu dijadikan tempat wisata edukasi bagi anak sekolah dan mahasiswa sekitar. â??Di sini [Pasar Burung Depok], sejak mulai direnovasi dan penataan pasar yang rapi ditambah dengan adanya pasar ikan, banyak [siswa] sekolah-sekolah dan universitas melakukan wisata edukasi,â? ujar Suwarjono, 47, Ketua Ikatan Keluarga Pedagang Burung Surakarta (IKPBS).

Anak sekolah dan mahasiswa yang berkkunjung ke pasar ini tidak dipungut biaya masuk sama sekali alias gratis. Para pengunjung diperbolehkan berkeliling pasar dan bertanya-tanya pada pedagang di pasar. Pengunjung bisa mendapatkan informasi secara terbuka tentang hewan yang dijual di pasar tersebut, pengunjung pun dapat membeli langsung burung yang dijual dengan harga terjangkau.

â??Kalau anak-anak biasanya penasaran nama binatangnya apa, mudahnya nama burungnya apa, didapat dari mana, bagaimana cara reproduksinya?â? ujar Gomboloh salah satu pedagang di Pasar Depok.

Anda tidak akan bosan ketika berkunjung kesini karena tiap sudut memiliki hal menarik untuk dilihat dan dipelajari. Tertarik untuk berkunjung ke pasar ini?(dea)