Penderita kanker umumnya dibatasi untuk melakukan sesuatu, termasuk dalam hal mengikuti perkuliahan. Namun pria yang satu ini berhasil membuktikan kalau penyakit kanker tak menghalanginya untuk bisa lulus kuliah. Siapa dia?

Dia adalah Todd Blake. Tadinya ia adalah seorang mahasiswa biasa di University of Florida. Namun, pada tahun 2009, ketika baru satu bulan masuk semester pertama, ia mengalami gejala yang aneh.

Todd Blake
Todd Blake

Seperti yang dilansir oleh today.com, Kamis (14/8/2014), Todd mengaku bahwa ia merasa lelah setiap saat dan tertidur ketika membaca buku pelajaran. Selain itu ia juga berkeringat di malam hari. Dan ternyata ada benjolan di bawah ketiak dan lehernya. Rupanya ia didiagnosis terkena limfoma Hodgkin.

Penyakit kanker yang dideritanya ternyata semakin parah hingga mencapai stadium empat. Selama lima tahun, ia harus mengikuti serangkaian kemoterapi, radiasi, dan transplantasi sumsum tulang. “Rasanya sangat berat dan seringkali saya merasa ingin berhenti dan menyerah,” kenang Todd.

Meski penyakitnya semakin menggerogotinya, Todd memutuskan untuk tidak menyerah pada penyakitnya itu dan berusaha untuk terus memotivasi dirinya. “Saya terus memaksa diri saya dengan membayangkan hari saat saya akhirnya lulus dan menyelesaikan semuanya. Bisa lulus dan naik ke podium adalah hal yang penting untuk saya. Itu adalah simbol pencapaian saya,” katanya.

Todd saat kelulusan
Todd saat kelulusan

Todd akhirnya mengikuti kuliah dan sistem kelas online, hingga pada akhirnya ia berhasil mendapat gelar sarjana di bidang bisnis. Istimewanya lagi, ia bisa lulus dengan IPK sempurna 4,00. “Kalian harus selalu positif. Jika kalian menyerah untuk mewujudkan mimpi dan cita-cita kalian, itu berarti kalian sudah tak mau hidup lagi,” ungkap Todd. Todd menambahkan bahwa ia membuat tujuan impiannya untuk bisa lulus dengan terus maju.

Setelah lulus dengan IPK sempurna, kini Todd mengambil kelas kewirausahaan dan merancang sejenis program untuk mengabulkan harapan semua orang yang bernama “Live for Today Foundation.” Program ini ditujukan kepada para penderita kanker yang berusia 18-35 tahun. Jadi program ini membantu para penderita kanker untuk bisa segera mewujudkan impiannya. Sementara donasi datang dari para sukarelawan dan para pengusaha.

Dengan “Live for Today Inspiration”, Todd terus berusaha untuk membantu para penderita kanker lain untuk mewujudkan impian mereka. (tom)