Banyak orang di dunia ini yang memiliki keterbatasan, baik itu fisik maupun kepandaiannya. Namun pada akhirnya mereka tetap bisa menginspirasi banyak orang karena prestasi yang bisa diraihnya. Salah satunya adalah pelukis yang satu ini.

Vince Low membuktikan bahwa disleksia yang dideritanya tidak bisa menghentikan langkahnya untuk menginspirasi dunia. Disleksia merupakan keadaan di mana seseorang mengalami ketidakmampuan belajar yang disebabkan oleh kesulitan dalam membaca dan menulis.

Karya Vince Low
Karya Vince Low

Dilansir dari aviatstudios.com, Jumat (15/8/2014), seniman berbakat asal Malaysia ini dulunya dikenal sebagai anak nakal di sekolahnya. Kini, dia telah dikenal sebagai seorang profesional yang dihormati karena bakat seninya yang sangat menakjubkan. Masa kecil Vince terbilang sangat keras. Dia kerap dicap sebagai anak nakal karena tidak bisa mengerjakan semua tugasnya tepat waktu.

Tidak peduli seberapa keras dia mencoba, Vince selalu mendapati dirinya tidak bisa menyelesaikan tugas sekolahnya. Karena itu saat SD, dia hampir setiap hari dihukum sebab tidak bisa menyelesaikan pekerjaan rumahnya. Tentu saja, hukuman itu tidak berakhir hingga dia duduk di bangku SMP.

Karya Vince Low
Karya Vince Low

Akibat dari semua pelecehan yang diterimanya – dari guru dan teman sebayanya di sekolah – Vince tumbuh menjadi anak yang nakal dan mulai bergaul dengan para pemuda berandal. Sadar bahwa apa yang dilakukannya salah, Vince kembali memfokuskan dirinya untuk berkonsentrasi pada studinya, dan bekerja keras untuk mengubah hidupnya.

Karya Vince Low
Karya Vince Low

“Tetapi sangat disayangkan, saya tidak bisa mengubah hidup saya, dan pada akhirnya saya masih gagal,” tulis Vince di situs pribadinya.

Beruntung, Vince memiliki orang tua cerdas yang menyadari bahwa putra mereka mungkin diubah fokusnya. Mereka pun memutuskan untuk mengalihkan fokus Vince pada seni dan musik. Dan ternyata keputusan mereka tepat, pemuda itu berhasil menyelesaikan semua tugas dengan cepat dan unggul di antara siswa lainnya.

Potret diri karya Vince Low
Potret diri karya Vince Low

Vince sempat menjadi ilustrator full-time dan kemudian direktur kreatif di sebuah biro iklan. Kini, dia sedang mengerjakan proyek yang mengampanyekan tentang kesadaran terhadap disleksia.

“Saya percaya bahwa kampanye ini akan membantu mengubah kehidupan banyak anak, yang akan membimbing mereka ke arah yang lebih baik dan cerah,” tuturnya.

Kini dirinya menjadi orang yang cukup terpandang berkat karya seninya yang luar biasa. Vince berhasil membuktikan kalau memiliki ketidakmampuan belajar tidak berarti Anda bodoh. (tom)