Sperma yang diproduksi pria menyimpan misteri yang tidak banyak diketahui orang. Banyak juga rumor yang beredar luas seputar sperma di masyarakat. Agar Anda tidak bingung mana yang mitos dan mana yang fakta, berikut adalah fakta-fakta seputar sperma yang harus Anda ketahui, dilansir dari Womenshealthmag.com, Jumat (15/8/2014).

1. Sperma dapat bertahan lama dalam tubuh wanita

Sperma dapat bertahan selama 2 hari dalam organ reproduksi wanita. Bahkan, sperma dapat bertahan hingga 5 hari jika kondisi di area rahim sangat mendukung. Pada masa subur atau ovulasi pada wanita, keadaan rahim akan sangat mendukung bagi sperma untuk dapat bertahan lebih lama.

2. Jumlah sperma tergantung pada suhu

Sperma akan menurun jumlahnya saat suhu meningkat. Karena itu, pria tidak dianjurkan untuk berendam air panas ataupun memangku laptop dan benda panas lainnya karena dikhawatirkan kualitas sperma akan menurun. Jumlah sperma paling banyak adalah pada saat musim dingin dan menjadi paling sedikit saat musim panas.

3. Sperma pembawa kromosom X dan Y berbentuk sama

Sperma yang membawa kromosom Y akan membuat jenis kelamin anak menjadi pria, dan sperma pembawa kromosom X akan membuat anak berjenis kelamin wanita. Kedua kromosom tersebut memiliki bentuk dan pergerakan yang sama, sehingga kemungkinan untuk jenis kelamin anak yang dihasilkan juga sama besar.

4. Jumlah sperma terbanyak saat awal ejakulasi

Saat pertama kali ejakulasi terjadi, saat itulah jumlah sperma terbanyak dikeluarkan. Jumlahnya akan terus menurun hingga proses ejakulasi berhenti.

Selain fakta di atas, produksi jumlah sperma juga tergantung pada pola makan dan pola hidup seseorang. Semakin sehat pola hidup seseorang , maka semakin baik produksi sperma yang dihasilkan. Untuk menjaga kualitas sperma, sebaiknya hindari kebiasaan buruk seperti merokok. (tom)