Fenomena bipolar disorder dan gangguan kejiwaan tampaknya kini  tengah menyita perhatian orang banyak. Hal itu disebabkan terutama karena kasus Marshanda yang menghadirkan dua fakta bertolak belakang, sekaligus juga kasus bunuh diri Robin Williams yang diduga akibat depresi berkepanjangan.

Sebagai sosok yang tenar sejak kecil, meski bukan termasuk kategori penyakit gangguan jiwa, mantan penyanyi cilik Tina Toon mengaku pernah mengalami stres yang cukup berat saat masih berusia 15 tahun. Menurutnya, itu imbas dari kondisinya yang masih labil.

“Ketika kita ababil potensi untuk itu ada banget. Aku pernah merasakan down, nggak pede. Saat itu 13-15 tahun,” kata Tina di Kawasan SCBD Jakarta Selatan, seperti dilansir dari Kapanlagi, Jumat (15/8/2014).

Tina mengalami perubahan yang sangat drastis dari masa kecilnya. Jika dahulu pelantun tembang “Bolo-Bolo” ini dikenal imut karena tubuhnya yang bundar ketika dirinya masih kecil, saat ini Tina bertransformasi menjadi sosok yang cantik dengan tubuh yang langsing.

“Kalau ketemu orang merasa aneh. Stresnya di situ, tapi aku masuknya ke jalur positif. Sempat datangi motivator juga,” aku Tina Toon.

Tina bersyukur karena keluarga sangat sayang kepadanya. Oleh karenanya ia bisa melewati masa-masa labil tersebut dengan baik. “Aku punya keluarga yang selalu mendukung, hingga akhirnya aku bisa berprestasi,” tandasnya.

Bagi Anda yang belum tahu tentang apa itu bipolar disorder, bipolar disorder adalah suatu kelainan psikologis di mana ditandai dengan perubahan mood yang ekstrem. Seperti misalnya pada suatu ketika seseorang sedang dilanda rasa bahagia, namun tiba-tiba seseorang itu bisa saja menjadi sedih yang teramat sangat.

Tak hanya di Indonesia, banyak juga selebriti Hollywood bahkan tokoh dunia yang juga mengidap kelainan bipolar disorder. Di antaranya adalah Jean-Claude Van Damme, Demi Lovato, komposer Ludwig Van Beethoven, pelukis Vincent Van Gogh, Elvis Presley, dan masih banyak lagi yang lainnya. (tom)