Pernahkah Anda melewati sebuah jembatan yang berada di atas air? Jika pernah, bagaimana perasaan Anda saat itu? Takut atau merasa tertantang ingin mencoba lagi? Apapun perasaan Anda jika melewati sebuah jembatan tetap saja Anda harus berhati-hati dengan kemungkinan buruk yang bisa terjadi.

Seperti dilansir Merdeka, Jumat (15/8/2014), Zhouzhuang yang merupakan salah satu kota air ternama di China juga memiliki sebuah jembatan yang terletak di atas danau. Dijuluki kota air lantaran Zhouzhuang berada di antara Danau Tai dan Shanghai yakni sekitar 55 kilometer di tenggara Suzhou di pantai selatan Danau Baixian.

Zhouzhuang dikelilingi oleh danau dan sungai yang menghadirkan pemandangan kota air dengan rumah-rumah berlantai dua bercat putih dan ubin hitam yang mengapit sungai. Tak hanya itu, pengunjung juga dapat melihat sejumlah jembatan batu di kawasan ini.

Pemandangan alam yang bernama 14 jembatan di kawasan ini menjadi tempat wisata paling terkenal. 14 jembatan ini didirikan selama Dinasti Yuan (1271-1368), Ming (1368-1644) dan Qing (1644-1911). Jembatan kembar pun dinilai sebagai yang paling ikonik dan merupakan simbol Zhouzhuang. Jembatan kembar terdiri dari dua jembatan yang diposisikan sejajar, sehingga mereka membentuk sudut kanan atas sungai. Pertama kali, jembatan ini dibangun selama Pemerintahan Wanli (1573-1619).

Zhouzhuang mempunyai kurang lebih seribu rumah yang 60% di antaranya dibangun pada masa Dinasti Ming dan Qing. Hingga saat ini, rumah-rumah itu masih terjaga dengan baik. Ada dua rumah di kota air ini yang menarik perhatian wisatawan. Salah satunya adalah rumah Shen Ting.

Rumah yang dibangun pada tahun 1742 ini berada di sisi tenggara Jembatan Fuan. Shen Wansan adalah orang yang berhasil memiliki rumah ini. Rumah dua tingkat itu memiliki lebih dari 100 kamar dengan luas 2.000 meter persegi.

Selain rumah Shen Ting, ada pula rumah Zhang Ting yang selalu ramai didatangi wisatawan. Rumah yang memiliki 70 kamar ini didirikan selama Dinasti Ming. Luas rumah ini sekitar 1.800 meter persegi. Tak tanggung-tanggung, di rumah ini terdapat 6 halaman. (nha)